Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omzet Penitipan Hewan Meningkat Pesat

Kompas.com - 30/08/2010, 15:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang hari raya Lebaran, omzet jasa penitipan hewan meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Masyarakat kerap menggunakan jasa ini untuk menitipkan hewan-hewan peliharaan mereka menjelang Lebaran untuk pergi mudik.

"Sampai hari ini sudah ada 75 hewan yang sudah di-booking untuk dititipkan di sini. Sebelum masuk puasa sudah booking," ucap Fira Yani Indah (24), dokter hewan Pet Depo, yang diwawancara Kompas.com, Senin (30/8/2010) di Pet Depo, Pet Shop and Pet Service, yang berlokasi di Jalan Mandala Raya 19, Tomang, Jakarta Barat.

Diungkapkannya, menjelang Lebaran memang omzet penitipan hewan meningkat pesat dibandingkan hari-hari biasa. Hari raya besar seperti Lebaran dan Natal menjadi hari-hari musiman di mana jasa ini dicari-cari oleh para majikan hewan untuk menitipkan hewan kesayangan mereka.

"Kalau hari-hari biasa, satu hari hanya lima sampai enam hewan, tapi kalau hari-hari besar seperti Lebaran bisa seratusan hewan yang dititipkan per hari. Berkali-kali lipat jumlahnya," ujarnya.

Fira mengatakan, sebelum masuk puasa jasa penitipan hewan, Pet Depo sudah ramai dengan para majikan yang mem-booking tempat untuk hewan peliharaan mereka. Kebanyakan dari mereka takut jikalau hewan kesayangan mereka tidak mendapat tempat penitipan karena sudah penuh.

"Mereka sudah jauh-jauh hari pesan seperti tiket mudik, takut enggak kebagian tempat untuk hewan peliharaan mereka. Kebanyakan mereka telepon untuk mem-booking, tapi ada juga yang langsung ke sini," katanya.

Dikatakan Fira, Pet Depo sendiri mempunyai kapasitas penitipan hewan sebanyak 150 hewan. Dan pada Lebaran tahun lalu, ada sekitar 150 hewan yang dititipkan di jasa penitipan hewan yang berlokasi di daerah Tomang tersebut.

"Nanti pada awal-awal September besok biasanya yang paling ramai, antara 5, 6, dan 7 September," lanjutnya menerangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com