Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Komunitas Mulai Dioperasikan

Kompas.com - 02/09/2010, 08:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun ini sepertinya tidak perlu lagi khawatir dengan segala kenyaman dan keamanan selama perjalanan mudik. Pasalnya PT KAI mulai 31 Agustus kemarin mulai mengopersikan layanan Kereta Komunitas.

Kereta Komunitas itu akan melayani pengangkutan penumpang maupun barang termasuk juga sepeda motor pemudik. Dengan adanya layanan seperti ini para pemudik tidak perlu lagi berjerih lelah selama perjalanan seperti ketika melakukan mudik dengan sepeda motor langsung.

Kereta komunitas ini akan melayani jalur Jakarta-Surabaya, satu hari ada dua kali jam keberangkatan, yaitu pukul 21.30 dan 21.40 WIB.

Dalam layanan Kereta Komunitas itu PT KAI memberlakukan tarif penumpang dewasa Rp 43.500 rupiah dan Rp 35.000 untuk anak-anak. Sementara untuk pengangkutan kendaraan dikenakan biaya Rp 200.000 untuk satu sepeda motor.

Kereta Komunitas akan beroperasi hingga tanggal 14 September, pembelian tiket sendiri dapat dibeli di semua stasiun kereta api di Jakarta

Diharapkan dengan adanya layanan transportasi alternatif ini dapat sedikit mengurangi kepadatan lalu lintas selama arus mudik maupun balik lebaran, dan juga mampu menekan tingginya angka kecelakaan yang dialami para pemudik motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com