Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Kapal Motor Sulit Sandar

Kompas.com - 05/09/2010, 21:19 WIB

CILEGON, KOMPAS.com - Kapal Ferry di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon sejak dua jam lalu kesulitan untuk sandar di dermaga, dikarenakan cuaca buruk dan angin kencang yang terjadi sejak pukul 14.00 WIB.

"Kapal Ferry untuk jenis Roll on Roll off , kalau angin kencang dan cuaca buruk akan kesulitan untuk sandar," kata petugas ASDP, A Murdianto, Minggu (5/9/2010).

Bukan hanya Kapal Ferry saja yang sulit sandar, akan tetapi dialami kapal cepat. "Untuk kapal cepat selain akan kesulitan untuk sandar, kapal cepat juga dihimbau tidak beroperasi," katanya.

Akibat dari sulitnya sandar, Kapal Ferry di pelabuhan, pemberangkatan dan penurunan penumpang sedikit mengalami gangguan.

"Kalau sudah cuaca buruk, maka gelombang laut akan meninggi, dan membuat kapal tidak bisa sandar," kata salah seorang awak Kapal Jatra II, Ridwan.

Kapal yang sulit sandar katanya, jika cuaca semakin buruk ditambah angin kencang, proses sandar akan membutuhkan waktu hampir satu jam.

"Kami terganggu sekali dengan kondisi cuaca, jadi sulit sandar. Kalau gelombang lebih dari dua meter, kami kadang-kadang mikir lagi mau menyeberang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com