Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Mudik Gratis, Kalideres Sepi

Kompas.com - 08/09/2010, 23:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Terminal Kalideres, Jakarta Barat, hingga Rabu (8/9/2010) malam ini telah memberangkatkan 9.231 pemudik.

"Siang tadi sudah 5.702 penumpang, sore ini menurun menjadi 3.529 penumpang," ungkap Hengki Sitorus, Kepala Terminal Kalideres.

Di terminal ini, data jumlah penumpang diperbarui sebanyak tiga kali sehari. "Shift 1 itu datanya keluar pukul 13.00, shift 2 datanya keluar pukul 17.00, sedangkan shift 3 pukul 01.00 dini hari," papar Hengki.

Berdasarkan data yang didapat hingga malam ini, dapat disimpulkan bahwa puncak mudik terjadi pada H-2 atau hari ini. "Kalau tahun-tahun kemarin puncaknya di H-3, tapi sekarang agak bergeser," ujar Hengki.

Diperkirakan, pada tengah malam ini masih ada 4.000-an penumpang yang akan berangkat. "Kalau malam itu ramai lagi, mungkin karena orang berangkat setelah pulang kerja," ujar Hengki.

Namun, jumlah pemudik pada puncak arus mudik ini dipastikan menurun dibanding tahun lalu. Dari data pengelola Terminal Kalideres, tahun lalu jumlah pemudik yang berangkat saat H-3 berjumlah sekitar 18.000 orang.

"Sekarang ini banyak yang mengadakan mudik bareng, jadi mungkin ini penyebab terminal juga lebih sepi," ujar Hengki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com