Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Islam Se-Jabodetabek Beraksi

Kompas.com - 17/09/2010, 15:05 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Lebih dari 2.000 umat Islam se-Jabodetabek menggelar aksi jalan kaki dari Islamic Center menuju Kantor Wali Kota Bekasi dan Mapolres Metro Bekasi, Jumat (17/9/2010) siang. Aksi tersebut digelar sebagai bentuk dukungan terhadap pemkot dan kepolisian untuk bersikap tegas menangani insiden Gereja HKBP Pondok Timur Indah.

Long march sudah dimulai sejak pukul 14.15 WIB dengan menyusuri Jalan Ahmad Yani, Bekasi. Rencananya, mereka akan berorasi di Kantor Wali Kota dan meminta Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad untuk bersikap tegas melarang jemaat HKBP Pondok Timur beribadah di tanah kosong di Kampung Ciketing Asem, Mustika Jaya.

Mereka juga menolak ketiga opsi tempat ibadah yang ditawarkan Muspida Kota Bekasi kepada jemaat HKBP. Sebab, warga di Mustika Jaya umumnya tidak setuju dengan pembangunan gereja di wilayahnya.

"Kami menyiagakan 600 personel dari 6 SSK di Kantor Wali Kota Bekasi untuk mengamankan aksi umat Islam di Bekasi," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Imam Sugianto.

Soal ibadah Minggu nanti, Kapolres mengakui adanya permintaan dari HKBP untuk pengamanan ibadah di Ciketing. Menanggapi permintaan itu, ia meminta Pemkot Bekasi kembali mengimbau jemaat HKBP agar tidak beribadah di lahan kosong di Ciketing, tetapi beribadah sementara di Gedung OPP di Jalan Chairil Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com