Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI Itu Ditemukan Selamat

Kompas.com - 18/09/2010, 16:49 WIB

BOGOR, KOMPAS.com- Ali Budi (23) dan Rendy (22) akhirnya ditemukan selamat. Dua mahasiswa Universitas Indonesia itu bertemu warga dan anggota tim SAR di Resor Tapos TNGGP di Desa Bojong Murni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/9/2010) pukul 15.30 tadi.

 

"Keduanya sehat, hanya kaki-kakinya yang bengkak baret-baret. Bicaranya masih lancar, cuma kelelahan saja mereka. Nangis juga sih, tapi nagis karena bersyukur dapat turun dengan selamat," kata Kepala Balai Besan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sumarto, via telepon sekitar pukul 16.00.

 

Menurut Sumarto, keduanya berjuang terus untuk menemukan jalan keluar dengan selamat dari gunung. Akhirnya, keduanya sampai di Desa Bojong Murni, lalu bertemu warga dan tim SAR dari Koramil setempat di desa itu.

 

"Keduanya saat ini sedang dibawa menuju Posko Operasi Balaikambang di Cisarua. Di posko perlengkapan medis tersedia, kalau memang kondisi keduanya harus di rawat di rumah sakit, baru keduanya akan di antar ke rumah sakit," tambah Sumarto.

 

Namun, informasi terakhir menyebutkan keduanya sehat. "Di posko mau kami minta keterangannya saja dan melihat langsung kondisi fisik keduanya.," lanjutnya.

 

Berkaitan dengan peristiwa "hilangnya" Ali dan Rendy, Sumarto mengatakan, untuk melakukan pendakian gunung, yang diperlukan adalah ilmu. " Sebelum mendaki, galilah ilmunya dan pelajari ilmu yang ada selama pendakian itu," katanya.

 

Selain itu, ingatnya, masuk hutan dan mendaki gunung itu ada undang-undang dan peraturannya. "Taatilah undang-undang dan peraturannya itu. orang yang mau mendaki ke Gunung Gede Pangrango harus melapor ke pos pengawasan TNGGP," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com