Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RE Martadinata Dipasangi Lembaran Beton

Kompas.com - 22/09/2010, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lokasi Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang ambles akibat tergerus air, Rabu, telah dipasangi lembaran beton.

Pemasangan lembaran beton atau sheet pile yang panjangnya 17 meter dengan lebar satu meter itu dilakukan menggunakan alat ponton melalui laut dengan tongkang Teluk Rokan.

Menurut Yuspurnomo, Direktur Teknik Bina Marga, yang ditemui di lokasi amblesnya Jalan RE Martadinata, Rabu, mengatakan, panjang jalan yang ambles 100 meter dengan lebar 6 meter itu akan dipasangi lembaran beton sebanyak 100 batang.

Pemasangan lembaran beton akan dibantu penahan tiang yang panjangnya 24 meter.

"Nanti setelah sheet pile dipasang, akan dibantu tiang pancang yang berfungsi menahan sheet pile. Setiap lima meter sheet pile akan ditancapkan tiang pancang dari arah air ke jalan," ujar Purnomo.

Pemasangan lembaran beton dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Purnomo, tiang pancang itu berfungsi sebagai penahan lembaran beton yang akan menahan material jalan.

"Tiang pancang yang akan dipasang sebanyak 20 batang," ujarnya. "Kalau dikerjakan selama 24 jam, pemasangan sheet pile dan tiang pancang akan selesai lima hari," tambahnya.

Menurut salah satu pekerja proyek perbaikan jalan, Yanto, pemasangan lembaran beton dilakukan setelah jaringan kabel telepon dan listrik sudah diperbaiki.

"Kabel instalasi telepon dan listrik sudah kondisi aman dari lokasi amblesnya jalan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com