Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penusuk Jemaat HKBP Ditangkap

Kompas.com - 08/10/2010, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Polres Metro Bekasi berhasil menangkap pelaku penusukan terhadap jemaat HKBP, penatua Hasian Lumban Toruan Sihombing. Satu dari dua pelaku penusukan sudah ditangkap dan ditahan di Polda Metro Jaya.

"Semalam, kita tangkap dua orang di tempat berbeda. Salah satunya tersangka penusuk jemaat HKBP," kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Komisaris Ade Ary Syam saat dihubungi wartawan, Jumat (8/10/2010).

Menurut Ade, dua orang yang ditangkap adalah AF (28), warga kampung Bojong, Rawa Lumbu Bekasi. AF ditangkap di dekat markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Tersangka lainnya yang ditangkap adalah S (25), warga Jalan Udayana Cililitan Besar, Kebon Pala, Jakarta Timur. S ditangkap di depan halte Univeritas Kristen Indonesia, Jakarta Timur. "S ditangkap lebih dulu, baru AF ditangkap kemudian," terang Ade.

Dari keterangan tersangka, AF adalah yang menusuk penatua Sihombing. Sementara S terlibat perkelahian dengan jemaat HKBP. Barang bukti senjata tajam yang selama ini dicari juga ditemukan, yakni sebilah belati lipat yang dibuang AF di semak-semak tempat kejadian perkara (TKP) di Ciketing.

Keterkaitan dua tersangka baru dengan 10 tersangka yang sebelumnya ditangkap Polda, Ade mengatakan, mereka saling kenal. "Kenal tapi sering saling telepon," katanya. Apakah keduanya FPI? Ade membantah hal tersebut. Ia mengatakan, keduanya simpatisan yang memantau kasus HKBP di Ciketing. "Mereka datang mau menandingi aksi HKBP yang jalan dari rumah ke lahan kosong," jelasnya.

Polisi masih memburu satu orang tersangka lainnya yang berinisial Z, yang berboncengan motor dengan A. "Dan Z-lah yang memberi belati lipat ke A," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com