Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prijanto: Penyebab Banjir Belum Pasti

Kompas.com - 14/10/2010, 12:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyebab banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, masih belum bisa dipastikan, apakah tingginya curah hujan, kiriman banjir dari Bogor, menyempitnya lebar sungai, atau akibat tersumbatnya aliran Kali Sunter ke Kanal Banjir Timur (KBT).

"Saya belum bisa menjawab secara tepat kenapa Kali Sunter bisa menjadikan banjir di wilayah sekitarnya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto seusai meninjau lokasi Rumah Tangga Sasaran (RTS) di RW 1 Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Wagub mengatakan, dia mendengar informasi dari Lurah Cipinang Melayu bahwa banjir diakibatkan pintu yang masih tertutup. "Setelah tahu informasi itu, saya tanya ke Pak Pitoyo (Kepala Balai Besar Ciliwung). Dikatakan, mereka bilang tak ada pintu yang ditutup. Semua sungai langsung mengalir ke KBT," kata Prijanto.

Seperti dikabarkan, banjir kembali menggenangi wilayah RW 03 dan RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur. Air bah yang mulai merendam permukiman warga di tepi Kali Sunter sejak Rabu (13/10/2010) malam itu terus meninggi hingga Kamis pukul 08.00.

Menurut Afrizal, warga RT 02 RW 04, air setinggi lutut orang dewasa masuk ke rumah pukul 03.00. Kemudian, pada pukul 05.00 air makin naik sampai sepaha, hingga mencapai sepinggang pada pukul 08.30.

Pantauan Kompas.com, cuaca sekitar lokasi banjir pada pukul 12.00 mendung. Dan, banjir belum ada tanda-tanda akan surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com