Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, 3.000 Orang Akan Demo

Kompas.com - 27/10/2010, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2010) besok, Jakarta akan diramaikan dengan aksi demonstrasi 3.000 orang. 

"Akan ada aksi demonstrasi lagi besok, sekitar 3.000 orang. Elemen yang berdemo seperti demonstran tanggal 20 Oktober lalu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar kepada wartawan, Rabu (27/10/2010).

Elemen yang akan melakukan aksi, kata Boy, lebih kurang sama dengan aksi memperingati satu tahun pemerintahan SBY-Boediono, seperti Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera), Republik Demokrasi (Repdem), mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), dan Keluarga Mahasiswa Indonesia Raya (KM Raya). "Untuk lokasi masih sama juga, seperti Istana Negara, Gedung MPR/DPR, Bundaran Hotel Indonesia, dan Gedung KPK," kata Boy.

Dalam demo kali ini, Boy menuturkan, para demonstran telah mengirimkan surat ke Polda Metro Jaya. "Ya, mereka mengatakan aksinya aksi damai, semoga terjadi demikian," katanya.

Untuk mengamankan aksi demonstran, Polda menyiagakan 4.000 personel dan bantuan TNI yang sifatnya on call. Penanganan aksi demonstrasi kali ini tetap dengan peraturan Kapolri No 16 Tahun 2006.

Ditanya mengenai antisipasi mengatasi kericuhan saat demonstrasi, Boy mengatakan, Kapolres di tempat demonstrasi bertugas mengingatkan dan mengendalikan anggotanya di lapangan agar dalam penanganannya mengutamakan upaya persuasif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com