Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri: Foke Tamak Kejar Ambisi

Kompas.com - 03/11/2010, 20:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia, Faisal Basri, mengatakan, banjir dan kemacetan yang menjadi langganan di Ibu Kota tak lain karena ketamakan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Ia menilai, Foke, sapaan akrab Fauzi, terlalu tamak mengejar ambisi kekuasaannya sehingga mengabaikan fasilitas publik.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta ingin menjadikan Jakarta sebagai pusat dari segala bidang, tetapi tidak melihat sisi lain dampak pembangunan tersebut. Faisal Basri menilai, sifat rakus tersebut harus segera dicarikan solusi.

"Banjir dan macet Jakarta disebabkan Jakarta ingin jadi pusat segalanya. Pusat pendidikan, hiburan, budaya, dan ekonomi. Hal ini lalu mengakibatkan perut Jakarta meletus jadi macet dan banjir," ujar Faisal dalam dialog publik mengenai Banjir dan Macet Jakarta di Hotel Formule 1, Cikini, Jakarta, Rabu (3/11/2010).

Menurut Faisal Basri, untuk membenahi masalah pelik Ibu Kota ini, bukan hanya para ahli yang dibutuhkan. Menurutnya, yang justru dibutuhkan sekarang adalah komitmen dan konsistensi dari segala pihak yang akan menjadi solusi untuk penyelesaian masalah. (Tribunnews/Alie Usman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com