Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia-Malaysia Air Tutup Jalur Bandung

Kompas.com - 06/11/2010, 15:27 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Dua maskapai penerbangan internasional Malaysia Air dan AirAsia menutup sementara layanan penerbangan ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menyusul abu vulkanik yang telah memasuki kawasan Kota Bandung.

"Benar, semua penerbangan Air Asia ke Bandara Husein ditutup sementara karena ada partikel debu vulkanik dari Gunung Merapi di Kota Bandung," kata Bangkit selaku Area Manager AirAsia Bandung ketika dihubungi di Bandung, Sabtu (6/11/2010).

Menurut dia, penerbangan yang ditutup sementara adalah tiga jadwal penerbangan Bandung-Kuala Lumpur dan sebaliknya, Bandung-Singapura, serta penerbangan domestik Bandung-Denpasar, Bali.

Menurut Bangkit, penutupan penerbangan ke Bandara Husein itu mulai diberlakukan pada hari Sabtu, menyusul adanya abu vulkanik dari Gunung Merapi yang berjarak ratusan kilometer dari Kota Bandung itu.

Sama dengan Malaysia Air yang melayani rute Kuala Lumpur-Bandung juga menutup penerbangannya ke Kota Bandung itu.

Seorang petugas PT Angkasa Pura II di Bandara Husein menyatakan, pihak Malaysia Air mengirimkan surat penutupan penerbangan mereka untuk sementara waktu ke Kota Bandung hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Alasannya sama, yakni adanya debu vulkanik Gunung Merapi yang sampai ke wilayah Bandung.

"Kami menerima surat dari Malaysia Air tadi terkait penutupan penerbangan ke Kota Bandung," kata petugas operator PT Angkasa Pura II Bandara Husein itu.

Sementara itu, Area Manager Indonesia Malaysia Air Roslan Ismail ketika dikonfirmasi menyebutkan bahwa pihaknya akan mengeluarkan media rilis hari ini (Sabtu). "Namun, masih menunggu konfirmasi dari HQ," kata Roslan melalui pesan singkatnya.

Akibat penutupan penerbangan internasional dari dua maskapai penerbangan itu, semua penumpang dari Bandara Husein Sastranegara yang hendak menuju Kuala Lumpur, Singapura, dan Denpasar diangkut menggunakan bus menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Semua penumpang untuk penerbangan yang ditutup sementara itu dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. Mereka diangkut dari Bandara Husein dengan menggunakan bus," kata petugas PT Angkasa Pura II Bandara Husein dalam keterangannya.

Sementara itu, Bangkit menyebutkan bahwa penutupan penerbangan ke Bandung tidak bisa ditentukan hingga kapan. Namun, maskapai menurutnya akan melayani rute itu kembali bila kondisi sudah normal.

"Mudah-mudahan saja kembali normal," kata Bangkit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com