Senin, 1 September 2014

News / Megapolitan

Jangan Percaya Calo

Hari Ini Pemkab Bogor Buka Lowongan CPNS

Jumat, 12 November 2010 | 10:39 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kota Bogor membutuhkan 195 PNS baru. Pendaftaran akan dimulai 12-19 November 2010.

Kepala Badan Kepegawaian, Pedidikan, dan Pelatihan Pemerintah Kota Bogor, Fetty Qondarsyah, menjelaskan, di Kota Bogor sangat membutuhkan banyak tenaga pendidik, khususnya guru SD.

"Kami kekurangan guru SD karena banyak sekali yang pensiun," ujarnya di Balai Kota Bogor, Rabu (10/11/2010).

Dia menjelaskan, pelaksanaan tes akademisnya akan dilakukan pada Minggu tanggal 5 Desember 2010, sedangkan pengumuman hasil tes akan dilakukan pada 14 Desember 2010 mendatang. Materi tes adalah kompetensi dasar meliputi skala kematangan, bakat skolastik, dan pengetahuan umum.

"Persyaratan bagi CPNS di antaranya pelamar sekurang-kurangnya berumur 19 tahun, maksimal 35 tahun dengan jenjang pendidikan D3/S1 semua jurusan," katanya.

Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah menyerahkan foto kopi ijazah terakhir beserta transkrip nilai, kartu kuning, foto kopi KTP, pas foto, dan membuat surat lamaran untuk menjadi CPNS yang ditujukan kepada kepala daerah sesuai formasi pengajuan.

Secara resmi, lanjut Fetty, pengumuman penerimaan dan formasi yang dibutuhkan untuk Kota Bogor akan dipasang di media lokal, yaitu koran, radio, dan situs resmi pemerintah Kota Bogor: www.kotabogor.go.id tanggal 12 November 2010.

Fetty mengingatkan, masyarakat yang tertarik untuk melamar CPNS agar tidak terpancing iming-iming yang ditawarkan calo. Warga diimbau tidak percaya kalau ada yang menawarkan jalan pintas dan bisa menjamin keberhasilan ujian.

"Kalau ada yang menjamin pasti masuk, itu pasti penipuan. Masyarakat jangan percaya," tegasnya.

Dia menyarankan agar para calon pelamar mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi test tertulis. Syarat administrasi pun tidak boleh ada yang kurang. "Ikuti saja tes. Banyak belajar dan jangan lupa mempelajari ilmu pengetahuan," ujarnya.

Tahun ini total kuota se Jawa Barat mencapai 4.800, termasuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Pengumuman pendaftaran meliputi 22 kabupaten dan kota di Jawa Barat, termasuk formasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Untuk Kabupaten Bogor menempati urutan tertinggi dengan jumlah 354 formasi, disusul Pemprov Jabar dengan jumlah 275 orang, dan Kota Depok dengan jumlah 256 orang.

Kota Bandung formasi yang tersedia sebanyak 207 orang: Kabupaten Bandung Barat 179 orang. Untuk Kota Bogor formasi yang dibutuhkan sebanyak 195 orang, dengan komposisi 86 tenaga pendidik, 59 tenaga kesehatan, dan 50 tenaga teknis. (wid)


Editor : Hertanto Soebijoto
Sumber: