Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buang Bayi 'Ngetren', Malaysia Terapkan Edukasi Seks

Kompas.com - 12/11/2010, 11:05 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com  – Kementerian Pendidikan Malaysia memastikan pendidikan tantang seksualitas di sekolah-sekolah akan diterapkan mulai tahun depan. 

Deputi Kementerian Pendidikan Wee Ka Siong menegaskan, edukasi seks untuk kalangan pelajar sudah saatnya dilakukan untuk mengatasi fenomena meningkatnya kasus pembuangan bayi di Negeri Jiran.

Menurut Wee, pendidikan seks yang diberi nama mata pelajaran "edukasi kesehatan reproduksi dan sosial" itu akan masuk dalam kurikulum dan diperkenalkan di seluruh sekolah menengah mulai Januari 2011.

"Kami harus berjuang menghadapi masalah kehamilan yang tidak diinginkan serta pembuangan bayi di antara remaja dan pergaulan," ujar Wee .

Ia menambahkan, "masalah tersebut hanya dapat diatasi melalui program edukasi, dengan membekali informasi yang cukup kepada anak laki-laki dan perempuan sehingga mereka membuat keputusan yang tepat."

"Pelajaran ini bukan untuk menciptakan sensasi seksual atau mendorong pergaulan bebas. Tetapi memberi informasi tentang apa yang akan dialami selama masa pubertas dan remaja, sehingga mereka tidak menjadi hamil atau terlibat pergaulan bebas," paparnya.

Bulan lalu, Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pendidikan Muhyiddin Yassin menegaskan kalau pelajaran seks dalam kelas merupakan bagian dari rencana pemerintah menekan kasus pembuangan bayi, di mana janin tak berdosa banyak ditemukan di toilet dan tempat sampah.

Pada tahun 2009, di Malaysia tercatat ada 79 kasus pembuangan bayi. Jumlah tahun ini diperkirakan bakal meningkat, karena hingga pertengahan September saja, angkanya sudah mencapai sekitar 70 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com