Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Pantau Shalat Idul Adha

Kompas.com - 16/11/2010, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memantau sejumlah umat Muslim di Jakarta yang menunaikan shalat Idul Adha pada Selasa (16/11/2010) pagi meski pemerintah telah menyatakan Idul Adha jatuh pada Rabu besok.

Badan Hisab Rukyat, Kementerian Agama RI, pada 8 November melakukan sidang isbat untuk menentukan awal bulan Zulhijah 1431 Hijriah dan Idul Adha tahun 2010 ini. Menurut pemerintah, berdasarkan laporan pemantauan bulan sabit baru (rukyatul hilal), di wilayah Indonesia tidak ada yang bisa melihat bulan pada hari Sabtu, 6 November 2010.

Pada saat Matahari terbenam, ketinggian bulan juga belum mencapai 2 derajat. Karena itu, ditetapkan bahwa 1 Zulhijah 1431 H adalah Senin, 8 November 2010. Dengan demikian, Idul Adha di Indonesia jatuh pada hari Rabu, 17 November 2010, demikian keputusan pemerintah.

Namun, Muhammadiyah tetap memutuskan untuk ber-Lebaran Haji sehari sebelumnya, Selasa, 16 November 2010. Hal itu dilakukan karena mereka menganut asas wujudul hilal. Dengan dasar ini, asal bulan sabit telah berada di atas ufuk meskipun tidak bisa dilihat, maka bulan baru telah masuk.

Arab Saudi juga telah secara resmi mengumumkan bahwa Idul Adha juga jatuh pada 16 November 2010. Keputusan Arab Saudi tersebut sedikit mengandung tanda tanya bagi sebagian orang. Para ahli astronomi sering mempertanyakan keputusan semacam itu karena didasari oleh "klaim" dilihatnya bulan baru pada kondisi yang menurut perhitungan astronomis tidak mungkin atau sangat sulit untuk orang melihat bulan sabit baru.

Data Traffic Management Center Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya merinci sejumlah lokasi tempat diselenggarakannya shalat Idul Adha di wilayah Jakarta.

Dua lokasi di antaranya berada di Jakarta Pusat, yaitu Lapangan Ruko Karang Anyar, Sawah Besar, dan di depan SMU Muhammadiyah Jalan Kramat Raya, Senen.

Sementara beberapa lokasi di Jakarta Barat adalah Masjid Albarkah di Cengkareng, Masjid An’nur di Jalan Daan Mogot Cengkareng, dan Masjid Amanah di Tegal Alur.

Di Jakarta Timur, sekolah Muhammadiyah di Jalan Perpustakaan juga akan menjadi tempat pelaksanaan shalat Idul Adha.

Shalat juga akan digelar di Masid Al Azhar, Jalan Sisimangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ribuan umat Muslim, Selasa pagi, berbondong-bondong mendatangi halaman Masjid Al Furqon Kompleks Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) di Jalan Kramat Raya 45, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1431 Hijriah.

Kaum Muslim yang datang dari sejumlah tempat di wilayah Jakarta dan sekitarnya itu telah memadati halaman masjid tersebut sejak pukul 05.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com