Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Pun Manfaatkan Car Free Day

Kompas.com - 28/11/2010, 08:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Car Free Day atau Hari Tanpa Kendaraan Bermotor yang diberlakukan di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (28/11/2010), tampaknya tidak hanya mengundang warga yang hendak berolahraga. Ibarat pepatah ada gula ada semut, para pedagang juga memanfaatkan momen Car Free Day tersebut dengan menawarkan dagangannya di tengah kerumunan warga.

Mulai dari pedagang asongan, pedagang makanan-minuman dengan gerobak keliling, pedagang yang menggelar dagangannya di jalan, hingga sales resmi produk bermerk. Barang dagangan yang ditawarkan pada Car Free Day pun terbilang beragam. Tidak hanya makanan, produk alat rumah tangga juga ditawarkan, seperti pengiris bawang atau pisau, masker serbaguna, hingga kosmetik.

Seorang pedagang kue tradisional leker, Rahmat (31), mengaku rutin berdagang saat Car Free Day di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Sekali berjualan saat Car Free Day, Rahmat mendapat keuntungan yang lumayan. Sekitar Rp 100.000 bisa dia kumpulkan dengan berdagang pada pukul 06.00-10.30. Padahal, harga kue leker yang dijual Rahmat hanya Rp 1.000 per buah. "Enggak saya naikin harganya, sama kaya dagang di sekolah," katanya.

Hal senada dikatakan Roni (25), pedagang makanan tradisional tahu gejrot. Keuntungan berdagang Roni saat Car Free Day bertambah dua kali lipat dari hari biasa. Sekali berdagang pada pukul 06.00-11.00, Roni bisa memperoleh keuntungan bersih Rp 200.000. "Iya menguntungkan ya buat pedagang. Biasa saya jualan di Bidakara, Pancoran," katanya. Menurut Roni, tidak ada yang melarang para pedagang berjualan di Car Free Day. Namun, jika hari mulai siang, sekitar pukul 08.30, para pedagang mulai ditertibkan. Mereka tidak boleh memarkir gerobak di jalur transjakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com