Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Akan Bangun Lahan Hijau

Kompas.com - 01/12/2010, 10:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana membuat kawasan hijau di sepanjang bantaran rel di kawasan Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara.

PT KAI bekerja sama dengan masyarakat sekitar Kampung Bandan dan Wali Kota Jakarta Utara untuk merealisasikan rencana tersebut.

Manajer Humas PT KAI Mateta Rijalulhaq menyatakan, rencana ini muncul dari ide warga yang tidak ingin kebakaran besar pada bulan April lalu terulang lagi. "Masyarakat di sana sepakat untuk menjaga daerah tersebut dari bangunan-bangunan liar.supaya tidak kebakaran lagi seperti dahulu. Warga yang tinggal di situ, kami sebagai pihak yang punya daerah rel, dan Wali Kota sepakat membangun lahan hijau," ujarnya saat dihubungi Kompas.com (1/12/2010).

Saat ini, menurut Mateta, warga telah berinisiatif untuk memasang pagar pembatas di sepanjang rel agar tidak ada lagi bangunan liar yang dibangun. "Pagar sudah terpasang. Hari ini kami akan bicarakan lagi dengan Wali Kota Jakarta Utara untuk pembangunan lahan hijau ini," ungkapnya.

Seperti diketahui, pada April 2010 lalu, sekitar 20 rumah kumuh di pinggiran rel kereta api, Kampung Bandan, Jakarta Utara, habis terbakar. Peristiwa ini terjadi akibat ledakan gas dari rumah seorang warga.

Ratusan warga sebelumnya membangun rumah dari tripleks di sepanjang bantaran rel di kawasan ini. Warga yang bermukim di tempat ini rata-rata berprofesi sebagai pemulung dan buruh serabutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com