Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Meledak, Gudang Pabrik Terbakar

Kompas.com - 21/12/2010, 11:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gudang milik PT Southern Cross Textile Industri (SCTI) di Jalan Raya Ciracas, RT 06 RW 07, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, ludes dilalap api, Senin (20/12/2010) sore. Api muncul sekitar puku115.00 WIB setelah pendingin ruangan (AC) di gudang itu meledak.

Peristiwa itu bermula saat seorang karyawan pabrik tekstil tersebut, Yanto (35), memotong besi bekas menggunakan alat las. Tanpa disangka, percikan api dari pengelasan yang dilakukan Yanto di dalam gudang itu menyambar spon pada air conditioner (AC). Akibatnya, mesin penyejuk ruangan itu meledak dan mengeluarkan api yang dengan cepat membesar.

Wawan, salah seorang saksi mata, menuturkan, bunyi ledakan itu cukup keras. Menurut dia, akibat ledakan itu sejumlah karyawan dan penjaga gudang berlarian mencari asal suara di sekitar gudang.

"Saat itu kami melihat pendingin ruangan sudah mengeluarkan api disertai asap hitam tebal. Semua orang yang ada di dalam pabrik langsung panik," katanya.

Ratusan pegawai pabrik, yang sebagian besar wanita, berhamburan keluar. Mereka khawatir api yang membakar gudang itu akan menyambar bangunan pabrik tempat mereka bekerja. Lokasi gudang yang terbakar memang tepat di belakang pabrik.

Sejumlah karyawan mencoba memadamkan api dengan alat pemadam api ringan, beberapa lainnya berupaya menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Api yang telanjur membesar ternyata semakin sulit dijinakkan. Kobaran si jago merah merajalela dan membakar seisi gudang yang sebagian besar adalah peralatan dan mesin-mesin tekstil yang tidak terpakai dan mudah terbakar.

Sekitar setengah jam kemudian delapan mobil pemadam kebakaran, tiba. Dalam waktu kurang lebih setengah jam, api dapat dijinakkan dan tak sempat menyambar dinding pabrik.

Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Hartono, yang ditemui di lokasi kejadian mengungkapkan, untuk mengatasi kebakaran tersebut ada delapan mobil yang dikerahkan, terdiri atas lima mobil pemadam dan tiga mobil pendukung.

Kapolsektro Ciracas Komisaris Senen mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. Namun, menurut hasil penyelidikan sementara, api timbul karena meledaknya alat pendingin di gudang tersebut. (bum)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com