Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Bangunan di Sempadan Bendungan

Kompas.com - 22/12/2010, 19:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski pembangunan Bendungan Gintung sudah mendekati tahap akhir, masih ada dua bangunan yang berdiri di sempadan bendungan.

Direktur Sungai dan Pantai Kementerian Pekerjaan Umum Pitoyo Subandrio mengatakan, setelah dibangun bendungan baru pada lokasi Situ Gintung yang jebol pada Maret lalu, lebar sempadan bersih bangunan ditetapkan sebesar 50 meter di sekitar lokasi bendungan.

Saat ini masih ada dua bangunan di sempadan tersebut, yakni sebuah masjid dan bangunan sekolah di sisi tenggara bendungan. Pitoyo mengungkapkan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk memberikan ganti rugi kepada pemilik bangunan, tetapi masih belum memperoleh hasil.

"Sebenarnya kalau secara teknis bangunan ini tidak mengganggu. Namun, secara segi pemandangan kurang nyaman dilihat. Kami tidak dapat memaksa karena penetapan sempadan dilakukan setelah bangunan itu ada," kata Pitoyo yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane dalam jumpa pers di area Bendungan Gintung, Rabu (22/12/2010) sore.

Pitoyo mengatakan, dalam kontrak rehabilitasi situ, Bendungan Gintung akan rampung pada Juni 2011. Saat ini, lanjutnya, kontraktor pembangunan situ telah menggarap 98,5 persen proyek tersebut.

Selain bendungan seluas 26,5 hektar, proyek tersebut juga meliputi pembuatan rumah jaga, jembatan penghubung, monumen situ, situ center, dan jalan inspeksi di sepanjang trase bendungan. Pembangunan trase ini membutuhkan pembebasan lahan hingga 12.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com