Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Lebih dari 50.000 Mobil Lewat Puncak

Kompas.com - 03/01/2011, 05:57 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Mobil yang melintas di jalur Puncak sejak 29 Desember 2010 sampai 2 Januari 2011 lebih dari 50.000 unit per hari. Puncaknya terjadi pada 30 Desember, mencapai 64.000 unit.

Jumlah sepeda motor yang melintas pada masa yang sama per hari diperkirakan dua sampai tiga kali lipat jumlah mobil. Sementara panjang jalur Puncak yang menjadi tangung jawab Polres Bogor hanya 22 kilometer, yakni dari Simpang Gadog sampai Rindu Alam atau perbatasan Bogor-Cianjur.

Lebar badan jalan rata-rata 8 meter dengan kiri-kanan banyak lokasi wisata alam dan kuliner. Jadi, kapasitas jalan itu idealnya untuk sekitar 10.000 kendaraan.

Data jumlah mobil yang dikeluarkan Traffic Management Center Satuan Lalu Lintas Polres Bogor tersebut adalah yang terpantau dari Pos Bandung II, yakni pos pemantauan dan pengendalian arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi.

Mobil yang terpantau itu dari arah Puncak/Cianjur dan dari arah Bogor/Jakarta. Semua masuk atau keluar dari Tol Jagorawi melalui Pintu Tol Ciawi.

Jumlah mobil yang masuk ke Puncak tersebut tidak termasuk jumlah mobil yang datang dari Cianjur tetapi stop di kawasan Puncak atau tidak keluar dari jalur Puncak menuju Jakarta/Bogor.

Ini termasuk angkot jurusan Cianjur (Cipanas)-Cisarua (terminal angkot Tugu). Selain itu, mobil yang keluar dari jalur Puncak menuju Bogor melalui Jalan Raya Ciawi-Gadog.  

Jumlah itu juga tidak termasuk mobil yang masuk jalur Puncak dari Jalan Raya Ciawi-Gadog (tidak melalui Tol Jagorawi). Padahal, banyak mobil masuk dari situ, termasuk angkot jurusan Ciawi-Cisarua (Terminal Angkot Tugu), yang sebagian besar tetap beroperasi selama musim libur ini. Jumlah angkot tersebut dipekirakan 1.500 unit.   

"Itulah kondisi jalur Puncak. Kami tidak berpretensi untuk mengatakan kami berhasil atau gagal dalam mengatur kelancaran arus lalu lintas di jalur Puncak. Namun, faktanya, tidak sebagaimana pada libur nasional Tahun Baru sebelumnya, tidak ada pengendara yang mengalami stagnasi di jalur Puncak dari pagi sampai ketemu pagi lagi," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Fathoni Riza di Pos Bandung II, Minggu (2/1/2011) petang.

Dengan tambahan pohon tumbang di Gunung Mas, Sabtu sekitar pukul 05.00, kepadatan arus lalu lintas baru dapat dicairkan pada pukul 09.00. Dengan demikian, mereka yang selesai merayakan pergantian tahun di kawasan Puncak sudah dapat turun dengan cukup lancar.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com