Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

529 Kendaraan Ditilang di Koridor IX-X

Kompas.com - 07/01/2011, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 529 kendaraan ditilang oleh petugas gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya saat melakukan sterilisasi jalur bus transjakarta hari pertama di jalur Koridor IX (Pinangranti-Pluit) dan Koridor X (Cililitan-Tanjung Priok), Jumat (7/1/2011).

Kendaraan yang ditilang terdiri dari kendaraan bermotor pribadi, baik roda empat maupun roda dua, angkutan umum, dan sejumlah angkutan barang. Adapun sterilisasi dipusatkan di Slipi Jaya dan di depan Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk Koridor IX dan Jalan Yos Sudarso serta Jalan Jenderal Ahmad Yani untuk Koridor X.

Secara rinci, jumlah kendaraan yang ditilang terdapat sebanyak 358 (166 sepeda motor, 132 mobil, 47 angkutan umum, dan 13 angkutan barang) untuk Koridor IX. Sementara 171 kendaraan lainnya terdiri dari 67 sepeda motor, 42 mobil, 29 angkutan umum, dan 33 angkutan barang pada Koridor X.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, total personel yang dikerahkan dalam sterilisasi kali ini sebanyak 79 orang yang terdiri dari 38 personel Ditlantas Polda Metro Jaya, 10 personel Dishub DKI Jakarta, empat personel Sudin Perhubungan Jakarta Barat, dua personel POM TNI, 10 personel Satlantas Polres Jakarta Barat, 10 personel Satlantas Polres Jakarta Utara, dan lima personel Satlantas Polres Jakarta Pusat. "Sanksi tilang sebagai upaya penegakan hukum akan terus dilakukan," tegas Pristono.

Sementara itu, data dari Dishub DKI Jakarta, jumlah penumpang di kedua koridor baru itu pada Kamis (6/1/2011) mencapai 22.388, yang terdiri dari 14.032 penumpang Koridor IX dan 8.356 penumpang Koridor X. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada Selasa (4/1/2011) yang hanya berjumlah 18.300 dan 20.206 penumpang pada Rabu (5/1/2011). "Ini berarti animo masyarakat menggunakan bus transjakarta terus meningkat," katanya.

Ditambahkan Pristono, pihaknya juga tetap akan mengefektifkan sterilisasi saat memasuki akhir pekan atau hari libur nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com