Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Tembok Raksasa Tahan 100 Tahun

Kompas.com - 28/01/2011, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjamin bahwa pembangunan tanggul raksasa atau yang disebut dengan giant sea wall di Teluk Jakarta sangat kokoh dan mampu bertahan hingga 100 tahun mendatang. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat rencana sangat matang bersama dengan pemerintah pusat.

"Sekarang baru sampai pre-elementary kajian, enggak bisa terburu-buru karena giant sea wall ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan 50-100 tahun mendatang," ungkap Foke, Jumat (28/1/2011) di Jakarta.

Pemprov DKI, diakui Foke, juga akan bertemu dengan pemerintah pusat pada Februari mendatang untuk membicarakan rencana pembangunan tanggul raksasa tersebut. Pembangunan nantinya akan dibantu pula oleh Pemerintah Belanda. Hal tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama antara Ppemerintah Indonesia dan Belanda akhir Desember 2010.

"Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum telah menandatangani kerja sama untuk membuat kajian defence strategy jangka panjang di seluruh pantai utara Jawa," ujar Gubernur Fauzi Bowo.

Pantai utara Jawa dipilih karena aktivitas peningkatan air laut dan penurunan permukaan tanah semakin memprihatinkan. Oleh karena itu, tidak ada jalan lain untuk mencegah terjadinya banjir rob yang luar biasa pada hari-hari mendatang, Pemprov DKI pun memutuskan membangun tanggul raksasa. Tapi, lokasi persis tanggul raksasa ini masih belum dapat diketahui karena masih harus dilakukan kajian mendalam.

Selain itu, Foke mengatakan, pembangunan tanggul tersebut tetap akan melalui uji analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) sehingga publik tidak perlu khawatir apabila pembangunan tanggul nantinya justru memperparah kondisi tanah yang kian rawan ambles di Jakarta Utara.

"Masalah studi amdal itu kecil, yang penting kan grand design-nya dulu, nanti belakangan baru kami buat studi amdalnya. Tentu ini tidak bisa kami buat tanpa studi amdalnya. Kami akan buat rencana sematang mungkin agar tanggul ini bisa tahan 50-100 tahun," kata Fauzi Bowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com