Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT, HMI Tanam Pohon

Kompas.com - 05/02/2011, 17:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Memperingati hari ulang tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-64, sekitar 30 aktivis HMI bersama sejumlah warga menanam pohon di Kampung Lebak Nangka, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Sabtu (5/2/2011). Pohon kayu-kayuan dan buah-buahan yang ditanam dan dibagikan ke warga setempat sekitar 500 pohon sumbangan dari BP DAS.

Ketua Umum PB HMI Noer Fajrieansyah mengatakan, kegiatan menanam pohon bersama warga desa ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan dies natalis (ulang tahun) HMI, yang puncak kegiatannya akan dilangsungkan di Menara Bidakara di Jakarta, 15 Februari medatang.

"Pada acara puncak antara lain diisi dengan orasi ilmiah. Rencananya Pak Yusuf Kalla, mantan Wakil Presiden, yang akan memberi orasi ilmiah yang bertema sosial ekonomi budaya dan kebangsaaan, bukan orasi ilmiah yang menyoroti masalah politik dalam negeri," ungkap Noer.

Mengenai kegiatan penanaman pohon, lanjut Noer, HMI memiliki Bidang Lingkungan yang fokus pada dua persoalan yang menjadi sorotan dan bahasan HMI, yakni sumber daya alam dan lingkungan hidup.

"Melakukan penanaman pohon merupakan salah satu cara implementasinya. HMI selama ini lebih banyak mengkritisi pada persoalan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan berkaitan sumber daya alam," katanya.

Agus Suganda dari Kementerian Lingkungan Hidup menyatakan harapan kementeriannya pada HMI untuk meningkatkan kepedulian HMI pada masalah lingkungan hidup. "Kualitas tanah, air, dan udara bergantung kepada kepedulian masyarakat untuk menjaga dan memelihara alam, termasuk menanam pohon." katanya.

Ketua panitia penanaman pohon, Niskalawati, menambahkan, Kampung Babakan Nangka dipilih untuk lokasi penanaman pohon, karena lahan di kampung tersebut tahun 2006. "Kader HMI Bogor dari IPB, juga beberapa kali melakukan penelitian di sini, yang kesimpulannya di desa ini banyak lahan kritis yang harus dihijaukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com