Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf Punguti Sampah Ciliwung

Kompas.com - 05/02/2011, 18:21 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf memimpin aksi kebersihan dengan memunguti sampah di Sungai Ciliwung, yang melintas di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu (5/2/2011). Menurut Dede, memunguti sampah merupakan aktivitas menyenangkan.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan Humas Pemerintah Kota Bogor, Dede turun ke Sungai Ciliwung didampingi antara lain Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Edgar Suratman, Asisten Tata Praja Ade Syarif Hidayat, Lurah Kedung Halang H Yudha, serta Camat Bogor Utara Bambang Budianto.

Dede, berbaur dengan puluhan anggota pramuka, aktivis Kuring, dan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), bersama memunguti sampah-sampah yang menyumbat dan hanyut di Sungai Ciliwung. Aktivitas tersebut berlangsung selama dua jam dan berhasil menyusuri 500 meter sungai itu.

Dede mengatakan, aksi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman sekaligus mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. "Karena apa pun yang dilakukan dan sebesar apa pun anggaran yang dikeluarkan, tetapi kalau di hulu masyarakatnya tidak peduli dan membuang sampah ke sungai, kita akan selalu kesulitan," kata Dede.

Konsep yang digagas KPC dan Greeneration itu, menurut Dede, sangat baik untuk mengajak partisipasi masyarakat, lurah, dan kepala desa dengan membuat perlombaan mulung sampah (memungut sampah) di sungai. "Kegiatan memungut sampah bukan hanya pekerjaan pemulung, tetapi juga aktivitas yang menyenangkan," ujarnya.

Sejauh ini, kata Dede, kegiatan yang dilakukan KPC di Kota Bogor adalah menyediakan piala bergilir lomba memungut sampah di Sungai Ciliwung. "Kami berharap kegiatan serupa juga bisa dilaksanakan di sungai-sungai lain di Jawa Barat," kata Dede.

Dede menyampaikan apresiasi kepada KPC dan Greeneration yang telah menggagas aksi kebersihan Sungai Ciliwung. Sungai Ciliwung merupakan salah satu sungai yang kondisinya paling parah dan masuk kategori kualitas cemar berat.

Mengenai pemulihan daerah aliran sungai (DAS), Dede mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan peraturan gubernur untuk memantau, mengawasi, dan melindungi DAS, yakni DAS Ciliwung, Citarum, Citanduy, Cimanuk, dan Cisadane. Hal ini, menurut dia, menjadi tugas kabupaten/kota untuk menjaga DAS-DAS di wilayahnya.

Seusai melakukan aksi kebersihan Sungai Ciliwung, Dede menanam pohon penghijauan di tepi Sungai Ciliwung. Sebelumnya Dede menyerahkan secara simbolis 100 pohon nyamplung, beringin, dan bambu untuk 10 kelurahan di Kota Bogor, khususnya kelurahan yang dilewati Sungai Ciliwung, yakni Kelurahan Katulampa, Baranangsiang, Sukasari, Babakan Pasar, Sempur, Bantarjati, Kedunghalang, dan Sukaresmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com