Kamis, 24 April 2014

News / Megapolitan

Lampion Terbang Hiasi Langit Ancol

Minggu, 6 Februari 2011 | 09:03 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari pertunjukan musik perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek, sekitar 100 pengunjung Taman Kelapa Beach Pool diajak ke Dermaga Hati. Di sana, mereka yang sudah terbagi dalam beberapa kelompok masing-masing 4 orang berkesempatan untuk menerbangkan lampion ke udara.

"Kepada para pengunjung, tolong dibuatkan kelompok-kelompok yang masing-masing diisi empat orang." Demikian dikatakan salah satu pembawa acara 1.000 Flying Wish Lanterns di atas panggung Taman Kelapa Beach Pool, Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (5/2/2011) malam.

Sesampainya di atas dermaga berbentuk hati yang menghadap ke Laut Jawa itu, tiap kelompok diberi satu kertas merah yang sudah diberi kawat bersilang di rongga bawah dan satu sumbu api. Dua orang memegang bagian atas kertas, sedangkan dua lainnya pegang bagian bawah. Lalu, sumbu itu ditempelkan di persilangan kawat.

"Salah satu yang pegang di bawah nanti akan menyalakan api ke sumbu. Habis nyala, pastikan ga ada angin yang masuk ya!" seru salah seorang panitia.

Jessica dan adiknya yang bertugas memegang bagian bawah lentera terbang tak kuasa melakukannya. Saking lama dan kertasnya terasa makin panas, ia pun mengeluh.

"Tunggu sampai kertasnya agak menggembung," jawab Felix, sang ayah, warga Cawang, Jakarta Timur.

Setelah kertas terisi udara hingga lampion berbentuk hati itu terlihat, kedua anak pasangan Felix dan Lita ini pun melepaskan lentera terbang ke udara. Lampion Jessica pun mengangkasa ke atas Laut Jawa dan bergabung dengan lampion milik kelompok lainnya yang sudah menghiasi langit Jakarta.

"Asyik banget bisa nerbangin lampion. Semoga lampion yang terbang itu bawa harapanku tahun ini bisa lebih sukses dan sejahtera," kata Jessica.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi mengatakan, melalui acara pelepasan 1.000 lampion di Beach Pool, pengunjung Ancol Taman Impian bukan sekadar datang dan gembira, tapi juga belajar sesuatu. "Mungkin mereka hanya tahu itu budaya China, tapi ada sesuatu di balik itu, yakni sebuah peristiwa fisika yang menarik," katanya.

Melihat animo tinggi para pengunjung, Ancol Taman Impian akan menggelar acara serupa dengan kemasan yang lebih menarik.

"Tahun depan (acara melepas) akan kembali jadi agenda," ungkap Budi.


Editor : I Made Asdhiana