Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Busway" Sebaiknya Melawan Arus Lalin

Kompas.com - 10/02/2011, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Usulan Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman perihal sistem contra flow atau melawan arus lalu lintas bagi bus transjakarta mungkin saja terealisasikan. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, terlihat menyambut baik usulan tersebut, terlebih kecelakaan di jalur busway sudah sering terjadi.

"Contra flow saya kira itu opsi paling baik," ungkap Foke, Kamis (10/2/2011), saat ditanya soal kecelakaan yang terjadi di jalur busway, di Balaikota, Jakarta.

Adapun, usulan contra flow ini adalah sebuah arus bus transjakarta yang berlawanan dengan arus lalu lintas di luar jalur busway. Penerapan sistem ini diharapkan mampu mengurangi risiko bertabrakan dengan kendaraan lain.

"Contra flow ini sebenarnya sudah lama, tapi tidak jadi dijalankan karena kami pikir warga Jakarta akan tetap menjaga disiplin. Tapi karena makin banyak yang terobos, sepertinya perlu dikaji lagi," ucap Foke.

Akan tetapi, Foke juga masih mengkhawatirkan kecelakaan tetap terjadi lantaran bus Transjakarta. "Nanti jangan-jangan bukannya bus nabrak mobil, tapi mobil nabrak bus kan," katanya.

Sepanjang tahun 2010, telah terjadi 461 kecelakaan di jalur busway. Dari kecelakaan tersebut korban meninggal 14 orang, luka berat 22 orang, dan luka ringan 104 orang. Kecelakaan pun paling banyak terjadi antara mobil pribadi yang menerobos masuk ke jalan dengan bus transjakarta. Jumlahnya mencapai 145 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com