Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Airin Unggul di Semua Kecamatan

Kompas.com - 27/02/2011, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie, unggul di semua kecamatan dalam pemilihan umum kepala daerah putaran kedua.

Demikian hasil penghitungan cepat (quick count) yang diumumkan Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (27/2/2011) sore. Dalam penghitungan itu, LSI mencatat pasangan nomor urut 4 tersebut meraih 54,31 persen. Pesaing terdekatnya adalah pasangan calon wali kota Arsyid dan calon wali kota Andre Taulani (nomor urut 3), yang meraih 43,4 persen suara dalam quick count tersebut.

Peneliti LSI, Deni Irvani, mengatakan, duet Airin-Benyamin selalu unggul di tujuh kecamatan dengan raihan suara rata-rata di atas 51 persen di setiap wilayah. Pasangan pemenang pilkada putaran pertama, yang kemudian dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi, itu bahkan memenangi pemilihan di Kecamatan Ciputat Timur di mana Andre Taulani tinggal. Di kecamatan tersebut, Airin - Benyamin memperoleh 52,74 persen suara, sedangkan Arsyid-Andre hanya 45,09 persen.

Dalam catatan LSI, proporsi pemilih terbanyak untuk Airin-Benyamin terdapat di Kecamatan Setu. Di kecamatan paling barat di Tangerang Selatan itu, mereka meraih 58,95 persen suara. Di kecamatan ini, Arsyid-Andre memperoleh 38,76 persen suara, paling sedikit dibanding wilayah lain.

Kedua pasangan berselisih cukup dekat di Kecamatan Serpong. Di wilayah tersebut, Airin-Benyamin meraih 51,11 persen suara, sedangkan Arsyid-Andre merebut 46,89 persen.

Di semua wilayah pemilihan, kedua pasangan tersebut unggul jauh dibanding dua pasangan lain, yakni Rodiyah Najibah-Sulaiman Yasin (nomor urut 2) dan Yayat Sudrajat-Norodom Sukarno (nomor urut 1). Pasangan Rodiyah-Sulaiman meraih total suara 1,19 persen, sedangkan Yayat-Norodom menggaet 1,1 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com