Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2011, 95 Titik Saluran Air Dibersihkan

Kompas.com - 08/03/2011, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melanjutkan program normalisasi saluran air penghubung di Jakarta Barat, sebanyak 95 titik saluran air akan dibersihkan sepanjang 2011. Saluran itu tersebar di delapan kecamatan dengan panjang antara 600 meter dan 2 kilometer per saluran.

Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Barat, Heryanto, Selasa (8/3/2011), mengatakan, saluran air tidak terindahkan di tengah derasnya pembangunan Jakarta. "Akibatnya, banyak saluran air hilang, tertutup bangunan permanen, dan akhirnya menyebabkan genangan dan banjir," katanya.

Besok, saluran air di Tambora akan dibongkar karena menutupi saluran air. "Ada gubuk dan bangunan permanen, termasuk kantor RW. Kami mengimbau agar aparat pemerintah juga mendukung untuk tidak membangun di atas saluran air," kata Heryanto.

Untuk pembongkaran akan dikerahkan 150 personel dari Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, 50 orang dari trantib, 75 dari kecamatan, ditambah personel dari polsek dan koramil sekitar 40 orang.

Pembongkaran bangunan di atas saluran air yang ditargetkan tahun ini akan terkendala karena anggaran turun 25 persen dari tahun lalu, yaitu sekitar Rp 80 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com