Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa IKJ "Hijaukan" Jakarta

Kompas.com - 04/04/2011, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) merangkul Pemerintahan Kota (Pemkot) Jakarta Pusat untuk memperindah dinding-dinding kota dengan lukisan dinding atau mural. Beberapa lokasi strategis di Jakarta Pusat menjadi tujuan kerja sama ini.

"Kami mengangkat tema 'Go Green' untuk semua mural yang kami kerjakan. Ini setelah berdiskusi dengan pihak Wali Kota (Jakpus)," kata David Pakpahan, koordinator mahasiswa Seni Rupa IKJ, yang ditemui di Stasiun Cikini, Jakarta, Senin (4/4/2011).

Tema "Go Green", menurutnya, diusung sesuai dengan misi Pemkot Jakpus yang ingin menjadikan wilayahnya sebagai kawasan hijau dan nyaman.

Ada tiga lokasi yang saat ini tengah digarap mahasiswa IKJ, yaitu Stasiun Cikini, Taman Lawang, dan Taman Blora.

Tema umum yang diusung dituangkan dalam gambaran berbeda untuk setiap lokasi. David mencontohkan, untuk Stasiun Cikini kehijauan dituangkan dalam mural-mural bermotif bunga. Untuk Taman Blora, mural berciri perkebunan yang dilukis.

"Sedangkan untuk Taman Lawang, kami menggambarkan tema bawah laut. Semuanya telah didiskusikan dengan pemkot," ujar David yang saat ditemui tengah menggarap mural bermotif bunga di kawasan Stasiun Cikini.

Rio, mahasiswa Seni Lukis IKJ lainnya, menambahkan, ada beberapa lokasi lain yang menurut rencana akan digarap. "Megaria dan kawasan Gambir kemungkinan akan masuk dalam proyek selanjutnya," ungkap Rio yang ditemui di lokasi yang sama.

Danang, mahasiswa Desain Grafis IKJ yang terlibat dalam proyek tersebut, mengatakan, tak ada tujuan yang terlalu mulia di balik penggarapan mural tersebut. "Bagi kami, ini adalah wadah penyaluran kreativitas," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com