Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Cheng Ho Lengkapi Sam Poo Kong

Kompas.com - 13/04/2011, 15:52 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan, patung raksasa Laksamana Cheng Ho akan melengkapi daya tarik obyek wisata religi Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang. "Laksamana Cheng Ho memiliki sejarah peradaban kuno yang erat dengan negeri ini," kata gubernur ketika meninjau pemasangan patung perunggu setinggi 10,7 meter itu di Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang, Rabu (13/4/2011).

Gubernur mengatakan, fondasi patung akan dilengkapi dengan tulisan empat bahasa, yakni Indonesia, Inggris, China, dan Jepang, tentang sejarah singkat kedatangan Cheng Ho. "Saya minta sejarah Cheng Ho ditulis dalam tiga atau empat bahasa sehingga wisatawan dari China dan Jepang dapat mengetahui sejarah kedatangannya," katanya.

Selain pemasangan patung perunggu senilai Rp 1 miliar tersebut, menurut Bibit, pengelola Kelenteng Sam Poo Kong juga diminta segera membenahi berbagai prasarana penunjang obyek wisata itu, seperti penataan halaman, tempat parkir, dan akses masuk.

Gubernur mengatakan, pembenahan secara bertahap dan berkelanjutan karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bibit menjelaskan, penyelesaian pembenahan obyek wisata religi tersebut menunjukkan satu bagian dari penyiapan Tahun Kunjungan Wisata 2013 telah dilakukan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo mengatakan, setelah Kelenteng Sam Poo Kong, pembenahan dilanjutkan ke sejumlah lokasi kunjungan wisata lainnya. "Sekitar 10 destinasi wisata di Jawa Tengah akan dibenahi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com