Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bundaran HI Jadi Lautan Buruh

Kompas.com - 01/05/2011, 10:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia, Minggu (1/5/2011), ribuan buruh berkumpul melakukan aksi damai di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Direncanakan bakal ada lebih-kurang 60.000 orang dari 67 serikat buruh Jabodetabek dan sekitarnya yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial bergabung sepanjang hari ini.

Beberapa di antaranya Serikat Pekerja Pos Indonesia BUMN, Aliansi Petani Indonesia, Perhimpunan Pekerja Perempuan Indonesia, dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia yang berjumlah paling banyak, yaitu 30.000 orang. Mereka membawa ribuan spanduk dan bendera masing-masing serikat. Mereka telah berkumpul sejak pukul 06.00 pagi tadi. Rencananya pukul 11.00 nanti para buruh ini akan melanjutkan aksi berjalan kaki sampai ke Istana Negara.

"Pada hari ini kami menuntut agar pemerintah segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Nasib kami selama ini belum diperhatikan dengan baik. Pemerintah tampak tidak serius untuk memberikan jaminan sosial bagi buruh," ungkap Sekjen Komite Aksi Jaminan Sosial Said Iqbal di Bundaran HI, Minggu.

Mereka juga akan menagih janji Presiden SBY yang setahun lalu pada tanggal yang sama untuk memerhatikan nasib buruh. Iqbal menyatakan, kaum buruh kecewa dengan Presiden yang tidak menunjukkan janjinya setahun yang lalu.

"Pekerja kontrak, pekerja outsourcing, dan semua pekerja lainnya harus dilindungi oleh pemerintah. Kalau Presiden tidak juga mengesahkan RUU BPJS dan memerhatikan nasib buruh, sebaiknya Presiden turun saja," ujarnya.

Sementara itu, tampak beberapa bus pariwisata terus mendatangi tempat ini membawa serikat buruh dari Banten dan Tangerang. Mereka bernyanyi dan meneriakkan beberapa yel-yel buruh. Tak peduli panas semakin menyengat siang ini, para anggota serikat buruh ini tampak tetap bersemangat. Mereka memakai baju berwarna-warni.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com, kemacetan kecil terjadi di sekitar Bundaran HI. Namun, pihak kepolisian sudah dapat mengamankan lalu lintas. Sekitar lebih-kurang 10.000 petugas keamanan berjubel di sekitar aksi damai tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com