Rabu, 30 Juli 2014

News / Megapolitan

May Day

Demo Buruh, Jalur Transjakarta Tersumbat

Minggu, 1 Mei 2011 | 12:07 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi ribuan pengunjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (1/5/2011), menghambat arus lalu lintas, terutama yang menuju Istana Negara, Medan Merdeka Barat.

Dari pemantauan Kompas.com, bukan hanya badan jalan untuk kendaraan umum, jalur transjakarta di sekitar Bundaran HI juga tersumbat. Jalur transjakarta dari shelter Tosari menuju shelter Sarinah, Thamrin, tampak tertutup oleh belasan bus yang dikendarai para pengunjuk rasa. Bus-bus tersebut terparkir di jalur transjakarta. Akibatnya, bus transjakarta keluar jalur, berbaur dengan kendaraan umum.

Tersumbatnya jalur transjakarta juga terjadi di sekitar Bundaran Indosat. Bus transjakarta yang menuju shelter Monumen Nasional dari shelter Bank Indonesia terpaksa keluar jalur, memutar melalui Jalan Abdul Muis.

Seperti diberitakan sebelumnya, direncanakan lebih dari 60.000 buruh akan menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Buruh yang jatuh pada hari ini. Sejak pagi Bundaran HI dipenuhi para buruh dari Jabodetabek.

Terdapat sekitar 67 serikat buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial. Mereka membawa bendera dan spanduk dari masing-masing serikat. Mereka juga menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengatakan akan lebih memerhatikan kesejahteraan buruh.

Adapun massa pengunjuk rasa sebagian masih bertahan di Bundaran HI dan sebagian lainnya mulai bergerak menuju Istana Negara. Tampak pihak kepolisian mengawal massa yang bergerak dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan kendaraan.


Editor : Erlangga Djumena