Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Demo Mayday Tinggalkan Istana

Kompas.com - 01/05/2011, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir seluruh massa yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara mulai meninggalkan lokasi demo. Masih dalam formasi kesatuan/serikat masing-masing, rombongan terbesar bergerak menyusuri Jalan Medan Merdeka Barat menuju Jalan MH Thamrin.

Kelompok Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berarak diiringi lagu mars buruh, "Hidup Buruh" yang terus dikumandangkan dari sebuah mobil.

Sementara massa lainnya berjalan pulang sambil menyanyikan lagu yang telah diubah syairnya. "Mana di mana malingnya Century."

Sekelompok wanita muda yang berasal dari luar Jakarta malah menggunakan momen perjalanan pulang untuk berfoto.

Onni, salah seorang pendemo, dan beberapa temannya dari Karawang, misalnya, berpose sejenak di kolam air mancur di depan Kantor Indosat. "Kalau hari biasa rasanya enggak mungkin bisa foto dengan bebas di sini," kata Onni yang mengaku sedang menunggu teman-teman lainnya berkumpul di lokasi tersebut.

Jumlah pendemo yang cukup besar mengharuskan aparat kepolisian membebaskan jalan raya yang dilalui mereka dari kendaraan umum.

Kesempatan itulah yang dimanfaatkan sejumlah pendemo dari luar kota untuk mengabadikan gambar beberapa gedung terkenal di Jalan Medan Merdeka dan Jalan MH Thamrin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com