Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Ini Tak Ada Car Free Day!

Kompas.com - 04/05/2011, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasan warga Jakarta yang mulai tumbuh untuk mengikuti kegiatan Car Free Day dengan mengayuh sepeda di akhir pekan terpaksa harus ditunda pada Minggu (8/5/2011) ini.

Car Free Day ditiadakan lantaran ada pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 7-8 Mei 2011 di Balai Sidang, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Hal ini disampaikan Kapolda Metro Jaya, Irjen Sutarman, Rabu (4/5/2011), di Jakarta. "Car free day tanggal 8 ditiadakan," ujarnya.

Kegiatan Car Free Day pun akan dialihkan pada minggu berikutnya tanggal 15 Mei 2011. "Sehingga nanti 2 minggu berturut-turut tanggal 15 dan 22 Mei," lanjut Sutarman.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, dalam siaran pers yang diterima, meminta masyarakat memaklumi peniadaan Car Free Day ini karena Jakarta perlu menyambut tamu penting yakni 10 kepala negara ASEAN dalam rangka KTT ASEAN.

"Kami minta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanannya. Harap maklum karena kita kedatangan tamu negara, dimana citra Jakarta dan Indonesia dilihat oleh delegasi dari berbagai negara," ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Seperti diberitakan, KTT ASEAN akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Mei di JCC, Senayan. Namun, sebelum pelaksanaan KTT, pada 5 Mei para delegasi negara ASEAN akan melakukan pertemuan tingkat menteri.

Sebanyak 10 kepala negara dijadwalkan menghadiri KTT ini. Anggota ASEAN yang akan hadir yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Polri telah menyiapkan 4.385 personilnya dan tersebar ke dalam tiga ring. Ring pertama pengamanan dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Di ring 2 dan 3 pengamanan dilakukan TNI dan Polri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com