Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Nyampah! Bisa?

Kompas.com - 06/05/2011, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah agenda kegiatan bertema lingkungan hidup telah disiapkan Pemprov DKI dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-484 Kota Jakarta. Salah satu di antaranya adalah kegiatan "Stop Nyampah."

"Kegiatan ini berupa aksi pembersihan Kali Ciliwung mulai dari Guntur (Setiabudi, Jakarta Selatan) sampai Tanah Abang (Jakarta Pusat). Ini melibatkan warga masyarakat di sekitar lokasi tersebut," kata Tyas Ratnawati, anggota Panitia HUT (PanHUT) Jakarta, Pemprov DKI, saat ditemui di Kantor Gubernur DKI, Jumat (6/5/2011).

Acara 'Stop Nyampah' sejalan dengan tema yang dipilih untuk peringatan HUT Jakarta tahun 2011: "Jakarta Kita: Kian Ditata, Kian Dicinta". Pilihan tema tersebut memang bernuansa perhatian pada lingkungan hidup. "Ada kaitan dengan tema umum, Jakarta Go Green," tambah Ferdinansyah Okke, Anggota PanHut lainnya.

Menurutnya, acara tersebut bertujuan mengarahkan masyarakat Jakarta untuk memperhatikan penataan dan kebersihan lingkungan hidup.

Kegiatan bertema lingkungan lainnya yang telah diagendakan adalah penaman pohon mangrove (bakau) di kawasan sekitar Balai Konservasi Wilayah II, Tegal Alur, Jakarta Barat. "Kegiatan ini berada di bawah koordinasi BPLHD DKI," terang Tyas.

Selain pohon mangrove, HUT Ibukota RI pun akan dirayakan dengan penanaman tanaman jenis pohon hijau dan pohon buah di beberapa titik lokasi di wilayah Jakarta. Masyarakat DKI akan dilibatkan dalam kegiatan penghijauan Jakarta ini. "Lokasi persisnya masih akan dibicarakan dalam rapat selanjutnya," ujar Tyas.

Untuk perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan perhatian dan komitmen kuat terhadap lingkungan hidup, Pemprov DKI telah menyiapkan penghargaan khusus. "Nanti ada acara Malam Apresiasi Lingkungan Hidup untuk Lingkungan hidup. Acaranya ini dimaksud untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang dinilai telah memperhatikan lingkungan sekitarnya," tutur Tyas.

Pemprov DKI sejauh ini telah mengagendakan 66 acara dan kegiatan untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta. Termasuk di dalamnya kegiatan seni dan budaya, kegiatan pariwisata, kegiatan Lingkungan Hidup, agenda ekonomi dan acara hiburan.

Pencanangan rangkaian acara tersebut akan dilakukan Gubernur DKI di Perkampungan Budaya Betawi 'Si Pitung', Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, pada 29 Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com