Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam Kangkung Hasilnya Rp5 Juta Sebulan

Kompas.com - 23/05/2011, 09:20 WIB

SERPONG, KOMPAS.com - Memulai usaha baru tidak selalu harus menjual barang-barang yang wah dengan modal yang besar. Menanam kangkung pun bisa menghasilkan uang yang relatif besar.

Rahasia itu dikisahkan Amal Alghozali, Ketua Persaudaraan Masyarakat Tani (Permata), ketika menyelenggarakan kegiatan Banten Berkebun, di kawasan Jalur Pipa Gas (JPG) Serpong, Banten, Minggu (22/5/2011) sore. Kegiatan ini diikuti sejumlah keluarga, anak-anak, dan orangtuanya.

Memulai usaha pertanian pada skala kecil, ujar Amal, bisa dilakukan dengan menanam kangkung darat pada lahan 600 meter persegi. Tanaman ini bisa dipanen dalam waktu 21 hari. Pemiliknya cukup mengalokasikan waktu sekitar dua jam per hari untuk perawatan.

"Berdasarkan pengalaman saya selama ini, tanaman kangkung itu bisa dipanen secara bergiliran. Dengan begitu, produksinya bisa berkelanjutan dan pendapatan yang bisa diperoleh sekitar Rp 5 juta per bulan," ujar Amal yang juga Direktur Pemasaran PT SMS Indoputra-produsen pupuk bio organik Agrobost dan Golden Harvest.

Dia menjanjikan bisa memberikan rahasia dan analisa usaha pertanian secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya tanaman kangkung, usaha pertanian lain yang bisa menguntungkan antara lain tanaman bayam, kedelai, jagung, dan mentimun. Untuk setiap jenis tanaman tersebut terdapat analisa usahanya sendiri-sendiri.

Soal pemasaran, kata Amal, tidak perlu dikhawatirkan karena bisa dijual secara langsung kepada para pedagang karena memang kebutuhannya juga relatif besar. "Dengan menjual kangkung Rp 300 per ikat, penjual sudah mendapatkan keuntungan, sebaliknya pembeli/pedagang pun sudah membeli dengan harga murah. Selama ini harga sayuran mahal harganya karena setidaknya ada delapan rantai distribusi," ujar Amal Alghozali.

Lalu bagaimana mendapatkan lahan untuk memulai usaha pertanian? Relatif gampang karena di sekitar Jabodetabek masih banyak lahan yang nganggur. Seperti yang dilakukan Amal Alghozali, cukup meminjam sewa lahan yang belum dipakai di sekitar JPG Serpong, dia sudah bisa menanam berbagai jenis sayuran di lahan sekitar satu hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com