Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir "Off Street" Masih Dipersiapkan

Kompas.com - 30/05/2011, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta belum bisa memastikan kapan mulainya pemberlakuan sistem parkir off street yang rencananya akan diterapkan di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk pada bulan Juni.

"Belum tentu karena masih akan dipersiapkan terlebih dahulu. Yang pasti, sih, dalam bulan Juni," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Riza Hasim, Senin (30/5/2011) di Jakarta.

Menurut Riza, penundaan itu bukan karena ada kendala. Namun, persiapan terkait dengan pemberlakuan parkir off street ini memang harus matang. "Dari segi tempat parkirnya, petugas parkirnya, dan keamanannya butuh banyak pertimbangan sehingga tidak bisa langsung diterapkan begitu saja," ujarnya.

Selama ini, kata Riza, masalah perparkiran menjadi sorotan dan dianggap sebagai simpul penyebab kemacetan.

Ia mengemukakan, Pemprov DKI Jakarta tetap bekerja untuk mengatasi masalah perparkiran. Salah satunya adalah rencana penghapusan parkir tepi jalan (on street). Penghapusan dimaksudkan untuk mengurai kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Namun, terobosan tersebut masih tak jelas ujung pangkalnya. Hingga saat ini masih banyak kendaraan bermotor yang parkir sembarangan di tepi jalan atau di bahu jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com