Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Dapat Memasuki Istana Bogor

Kompas.com - 30/05/2011, 22:24 WIB

BOGOR, KOMPAS.Com -  Selama ini agak sukar untuk menikmati keindahan Istana Bogor dari dalam, karena tidak semua orang diperbolehkan masuk. Namun pada 13-16 Juni mendatang, masyarakat umum berkesempatan untuk masuk.

Pemerintah Kota Bogor akan menjadikan Istana Bogor Open, sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-529 Bogor. Kegiatan itu, selain untuk memperkenalkan salah satu warisan budaya, juga diharapkan juga menjadi daya tarik wisata karena tidak mudah untuk bisa masuk ke Istana Bogor pada hari biasa.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-529 Bogor yang juga Asisten Tata Praja Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat, Senin (30/5), mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat permohonan ke Sekretariat Negara di Jakarta, dan sedang menunggu surat balasan.

Segera setelah ada balasan, pihaknya akan membuka pendaftaran bagi warga yang tertarik.   

"Kami berharap segera mendapat balasan. Kegiatan ini tidak hanya untuk warga Kota Bogor. Dari luar kota juga boleh, bahkan wisatawan mancanegara juga boleh. Kegiatan ini tidak dipungut biaya," tuturnya.

Istana Bogor menurut Kampoengbogor.org, dibangun pada tahun 1744-1750, sebagai rumah peristirahatan oleh Gubernur Jenderal Van Imhoff. Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles pada 1811 menjadikan Istana Bogor sebagai istana kediaman resmi. Pada 1834 istana itu sempat rusak akibat gempa letusan Gunung Salak. Pada 1850, istana itu kembali dibangun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com