Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Gambar Berhadiah ke Jerman

Kompas.com - 05/06/2011, 21:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lomba gambar bertemakan the castle of your dreams, yang digelar dalam rangka 250 tahun Faber-Castell sampai di puncak acara. Dalam closing ceremony diumumkan juga tiga juara lomba gambar nasional, yang nantinya berkesempatan menghadiri puncak acara peringatan 250 tahun Faber-Castell di Stein, Jerman, pada Juli mendatang.

"Masing-masing pemenang akan mempunyai kesempatan ke Jerman bersama seorang pendamping. Selain menghadiri acara puncak, di sana mereka juga akan diajak keliling ke beberapa kota. Ini adalah sesuatu yang baik, karena melalui imajinasi, mereka bisa berangkat ke Jerman," kata Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, Yendramin Halim, Minggu (5/6/2011), di Jakarta.

Ketiga juara lomba gambar nasional tersebut mewakili tiga kategori, yaitu kategori A untuk peserta tingkat taman kanak-kanak (TK) dimenangi oleh Rofifah Marwa Zayyanti (event Cirebon). Kategori B, untuk peserta tingkat sekolah dasar (SD) kelas 1-3 dimenangi oleh Alycia Febriana (event Jakarta), dan juara kategori C untuk peserta tingkat SD kelas 4-6 dimenangi oleh Tustita Metadewi Jayamangalani Suprapto (event Bandung).

Adapun untuk proses penjuriannya, dilakukan oleh para praktisi pendidikan Wakil Dekan Seni Rupa IKJ, Lukcy Wijayanti, Dosen UNJ, Melina Surya Dewi dan creative development PT Faber-Castell, Yayu Afliyani Rahayu pada Jumat (25/5/2011) lalu.

"Kriteria penilaiannya adalah komposisi warna, teknik warna, kebersihan, kerapihan dan kreativitas," kata Yayu. Ketua panitia lomba gambar 250 tahun Faber-Castell, Niken D.Maharani mengatakan, pihaknya sangat terkejut dengan antusiasme dari anak-anak Indonesia yang berpartisipasi dalam lomba ini.

"Saya berharap nantinya lomba ini, selain membangun sisi kreativitas anak-anak Indonesia, juga akan memunculkan para seniman lukis asal Indonesia yang mungkin bisa menjadi pelukis bertaraf internasional," katanya.

Niken juga menjelaskan, seleksi akhir untuk menentukan juara nasional berlangsung sangat ketat. "Karena hasil gambar yang berhasil maju ke tahapan seleksi akhir merupakan hasil gambar yang terbaik," ujarnya.

Lomba gambar ini telah dilaksanakan di 31 kota di seluruh Indonesia sejak 27 Februari sampai 1 Mei lalu. Dalam lomba tersebut, tercatat sedikitnya 36 ribu peserta mengikuti kegiatan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com