Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Fair 2011 Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 09/06/2011, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu agenda utama peringatan HUT kota Jakarta ke- 484, Jakarta Fair 2011, mulai dibuka malam ini. Acara tahunan yang dilangsungkan di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran akan berlangsung selama 32 hari.

"Kami bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta siap membuka Jakarta Fair. Kami yakin acara ini sudah sangat dinanti-nantikan warga DKI dan sekitarnya," kata Ralph Scheneumenn, Marketing Director PT Jakarta International (JI) Expo dalam jumpa pers di arena PRJ Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/6/2011) sore.

Jakarta Fair ke-44 ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pukul 19.00 WIB malam ini.

Pada kesempatan yang sama, Okki Setyawan, General Manager Operational JI Expo berharap, agenda tahunan ini akan menjadi tujuan utama wisata belanja dan hiburan warga Jabodetabek. "Kami juga berharap pengunjung dari seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara akan datang ke PRJ hingga tanggal 10 Juli nanti," kata Okki.

Secara bisnis, Jakarta Fair 2011 akan diikuti lebih dari 2.600 perusahaan nasional dan multinasional. Untuk itu, pihak JI Expo yang menjadi penyelenggara untuk kedelapan kalinya telah menyediakan 1.300 stand, belum termasuk outlet dan warung-warung sederhana yang disediakan bagi pedagang kecil.

Sementara itu, untuk agenda hiburan, penyelenggara telah menyediakan tiga panggung, masing-masing Panggung Utama, Panggung Gambir, dan Panggung Jazz Vaganza sebagai jazz corner. 250 grup band, serta sejumlah musisi dan artis dari jajaran top hingga pendatang baru akan dihadirkan dalam pagelaran konser selama 32 hari, terang Ralph. Hampir seluruh genre musik akan ditampilkan dalam pegelaran ini demi mengapresiasi ragam talenta dan minat musik artis dan pengunjung.

Panggung budaya sebagai apresiasi terhadap seni tradisional Betawi akan dilangsungkan di Panggung Gambir. Acara bertajuk "Batavia Week" ini akan berlangsung pada 28 Juni hingga 2 Juli. Khusus tanggal 24-26 Juli, JI Expo bekerja sama dengan Bems Radio menyelenggarakan Acara 'Tribute to Benyamin S'.

Tak hanya itu, terobosan baru lain dilakukan oleh pihak JI Expo untuk memanjakan Bola Mania, khususnya pencinta Liga Inggris. PT JI telah mendatangkan Trofi FA Cup asli, yang merupakan trofi sepakbola tertua yang diperebutkan sejak tahun 1871-1872 .

Trofi yang bulan lalu dimenangkan oleh klub Manchester City ini akan dipajang di Gambir Expo. Untuk melengkapinya, penyelenggara juga akan mendatangkan dua legenda sepakbola Inggris, yaitu Bryan Robson (Manchester United) dan Steve McMahon (Liverpool). Keduanya akan menyambangi Jakarta Fair pada 24-26 Juni nanti.

"Dengan program dan kegiatan yang lebih variatif, kami berharap animo masyarakat untuk datang ke PRJ tahun ini akan semakin maningkat," pungkas Ralph.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com