Kamis, 28 Agustus 2014

News / Megapolitan

Lalu Lintas

Tol Cikarang Macet 10 Km akibat Demo

Jumat, 10 Juni 2011 | 10:16 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Sentral Komunikasi Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek mencatat, kemacetan sepanjang 10 kilometer terjadi mulai dari pintu tol Cikarang hingga Bekasi Barat akibat demo ratusan buruh, Jumat (10/6/2011).

Petugas Sentral Komunikasi Jasa Marga (Senkom Jasa Marga), Praptono, di kantor Senkom Jasa Marga, Jalan Rawa Panjang, Bekasi Timur, Kota Bekasi, mengatakan, kepadatan terjadi pada arus keluar kendaraan dari arah tol sebab terhambat oleh aksi demo di Jalan Cikarang-Cibarusah yang berdekatan dengan pintu tol.

"Aksi itu berlangsung sekitar pukul 07.00 oleh sekitar 400 buruh dari PT Kanefusa Cikarang dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cikarang," katanya.

Praptono menepis kabar bahwa kepadatan itu bukan akibat aksi pemblokiran jalan tol oleh demonstran, melainkan akibat dampak dari penyempitan arus karena lokasi demo berada di sekitar perempatan pintu tol.

"Kepadatan itu bukan karena penutupan jalur, melainkan lebih karena dampak saja," katanya.

Dia mengatakan, PT Jasa Marga langsung menerjunkan timnya guna mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi demo. Upaya itu mendapat batuan dari kepolisian setempat.

"Demo hanya berlangsung sekitar dua jam. Konsentrasi massa berhasil dipecah. Sebagian telah digiring ke Mapolresta Kabupaten Bekasi," katanya.

Walau demikian, dampak dari aksi itu menyebabkan sebagian arus lalu lintas dari arah Delta Mas, Cikarang, Cibitung hingga Bekasi Barat tersendat.


Editor : Hertanto Soebijoto
Sumber: