Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lajur Sepeda dan Hutan Kota BSD Diresmikan

Kompas.com - 03/07/2011, 11:26 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Banten Mohammad Masduki dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Minggu (3/7/2011), meresmikan lajur sepeda dan hutan kota di kawasan Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Selatan.

Peresmian ini sekaligus menandai Kampanye Lingkungan dan Festival Hijau ke-8 yang digelar oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk, selaku pengembang perumahan BSD City.

Acara yang berlangsung mulai pukul 07.00 itu diawali dengan sepeda santai sejauh kurang lebih 11 kilometer yang dipimpin oleh Airin dari Taman Kota 2, Kecamatan Setu, dan kawasan BSD City. Sepeda santai ini berakhir di Taman Kota 2 dan dilanjutkan penanaman pohon oleh Masduki, Airin, dan Direktur PT BSD Tbk Jeannie Kurniawan.

Dalam kesempatan itu, ditandatangani pula prasasti peresmian lajur sepeda tahap I sepanjang 16 kilometer di Jalan Letkol Sutopo hingga Foresta Junction BSD City oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang diwakili oleh Masduki. Sementara itu, Airin menandatangani prasasti peresmian Taman Kota 2 sebagai hutan kota di Tangerang Selatan.

Masduki mengimbau agar pembuatan hutan kota oleh PT BSD dapat diikuti oleh pengembang-pengembang lain di seluruh wilayah Provinsi Banten. Ia juga mengimbau agar masyarakat Banten ikut serta menanam pohon di rumah sebagai bagian dari kampanye lingkungan hidup. "Tidak ada istilah tidak menanam pohon karena tidak punya halaman. Menanam bisa dilakukan di dalam pot," kata Masduki.

Sementara itu, Airin mengharapkan, lajur sepeda di BSD dapat dimanfaatkan oleh pengguna sepeda setiap hari dan tidak terbatas pada saat digelarnya program hari bebas kendaraan atau car free day di kota tersebut. "Taman Kota 2 ini merupakan aset Pemkot Tangsel yang masih dikelola oleh BSD City dan diharapkan menjadi hutan kota. Target Pemkot dalam lima tahun ke depan adalah mengadakan hutan kota di setiap kecamatan," kata Airin.

Taman Kota 2 dibangun di atas lahan seluas 9 hektare di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, dan dibuka pada 2006. Selain dilengkapi fasilitas air terjun dan danau, tempat ini menjadi sentra tanaman hias di kawasan BSD City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com