Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langit Monas Akan Dipenuhi Layang-layang

Kompas.com - 07/07/2011, 10:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Jakarta yang selalu disibukkan aktivitas kerja dan kepenatan lalu lintas, ada baiknya meluangkan waktu sejenak bersantai bersama keluarga dengan melihat Festival Layang-layang yang akan digelar pada Minggu (10/7/2011) di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dengan kegiatan ini, langit Monas dipastikan akan dipenuhi layang-layang karena tidak hanya warga Jakarta Pusat saja yang ambil bagian dalam acara tersebut, tapi sejumlah peserta dari daerah juga akan meramaikan event tahunan itu.

"Lomba tersebut nantinya akan menampilkan layang-layang tradisional atau layangan koang serta layang-layang kreasi yang diikuti oleh masyarakat dari 44 kelurahan di Jakarta Pusat. Selain itu, kegiatan ini juga nantinya akan diikuti oleh pemain layang-layang nasional dari berbagai daerah," kata Triyugo Prasetyo, Kasudin Pariwisata Jakarta Pusat, Rabu (6/7/2011).

Dia mengatakan, festival juga akan diisi dengan kegiatan ekshibisi layang-layang yang menampilkan beragam jenis dan bentuk layang-layang mulai dari dua dimensi hingga tiga dimensi.

Triyugo menjelaskan, kegiatan itu dipandu oleh pelayang-layang profesional, yaitu dari komunitas layang-layang Le Gong Kite Society. Nantinya, anak-anak atau siapa pun yang berminat dengan layang-layang akan diajarkan cara membuat layang-layang yang baik dan benar, serta dijelaskan fungsi layang-layang di zaman nenek moyang dahulu.

Ia berharap, dengan adanya festival layang-layang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, bahwa langit dapat dimanfaatkan sebagai ajang atraksi wisata yang bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Para pemenang lomba layang-layang tradisional dan layang-layang kreasi nantinya juga akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com