Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Mau Mudik Gratis?

Kompas.com - 08/07/2011, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Berniat mudik ke kampung halaman menjelang Idul Fitri nanti? Mungkin Anda bisa mengikuti program SariWangi Mobil Mudik 2011 (SWMM). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program yang sudah memasuki tahun ke-6 ini akan memperpanjang waktu mudiknya, yaitu selama 10 hari. Tahun ini, SWMM akan memberangkatkan 100 mobil bagi 100 keluarga yang maksimal terdiri atas lima orang, dari 10 kota besar di Indonesia. 

Program ini digelar karena SariWangi menyadari efektivitas komunikasi bagi terciptanya komunikasi harmonis di antara keluarga, sahabat, bahkan orang yang belum dikenal sekalipun. Dra Nina M. Armando, MSi, pengajar di Departemen Ilmu Komunikasi  FISIP Universitas Indonesia, menjelaskan, karena manusia adalah mahluk sosial, manusia tidak mungkin tidak berkomunikasi.

“Dengan diam saja, manusia berkomunikasi. Maksudnya dengan diam manusia akan berpikir mengapa dia diam, apa yang sedang dia pikirkan, dan lain sebagainya. Itu juga merupakan bentuk komunikasi," jelas Nina, saat peluncuran program SWMM di Restoran Bebek Bengil, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2011) lalu.

Sesuai definisinya, komunikasi terbagi menjadi dua macam, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal terjadi ketika pesan disampaikan menggunakan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Sedangkan komunikasi nonverbal disampaikan melalui gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, hingga gaya berbicara.

Menurut Nina, dengan komunikasi tatap muka proses komunikasi dapat berjalan dengan lebih lancar dan efektif, karena masing-masing individu dapat membaca situasi yang ada. Perasaan senang, bosan, marah ataupun sedih, dapat disesuaikan berdasarkan situasi yang ada saat proses komunikasi berlangsung. Dengan demikian, komunikasi tatap muka lebih efektif jika ingin mendapatkan kedekatan dalam suatu hubungan.

Nah, mudik menjadi salah satu cara kita untuk berkomunikasi secara tatap muka dengan keluarga, sahabat, dan teman-teman yang sudah lama tidak kita temui. Selama ini teknologi memang telah membantu kita untuk tetap berhubungan dengan kerabat. Tetapi siapa sih yang bisa menggantikan makna dan nilai dari bersilaturahmi secara langsung dengan orang-orang yang Anda rindukan?

Agar momen mudik Anda semakin nyaman, SariWangi akan memberikan sejumlah fasilitas istimewa dalam mobil yang akan Anda tumpangi. Setiap mobil akan dilengkapi GPS, alat pemadam api ringan, child seat untuk balita, sound system, selimut, bantal, dan termos dan teh suguhan SariWangi. Mobil juga akan didampingi supir profesional, bensin gratis, serta tempat peristirahatan yang tersedia di sepanjang rute perjalanan mudik.

Untuk bisa mengikuti program ini, kirimkan 1 kotak kosong SariWangi asli isi 25 ke PO BOX SARIWANGI JKT 10000, paling lambat 7 Agustus 2011. Di balik bungkus kosong SariWangi, tuliskan data identitas diri  (nama, alamat, nomor telepon, nomor KTP/SIM), pilihan kota keberangkatan (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jambi dan Bandar Lampung), dan kota Jakarta (kota di Jawa, Sumatra, atau Madura, maksimal 1000 KM perjalanan dari kota keberangkatan).

Pemenang akan diumumkan di media cetak nasional pada tanggal 16 Agustus 2011. Sedangkan periode mudik akan dilakukan pada tanggal 26 Agustus-4 September 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com