Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jakarta, Tiga Orang Per Hari Meninggal

Kompas.com - 08/07/2011, 14:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Operasi Patuh Jaya 2011 menjadi upaya Polda Metro Jaya dalam meningkatkan penekanan jumlah angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Direkorat Lalu Lintas Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan bahwa per hari, ada tiga orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

"Per hari di Jakarta itu tiga orang meninggal karena kecelakaan. Kami berupaya terus bagaimana menyelamatkan nyawa manusia yang meninggal sia-sia di jalan akibat kecelakaan. Salah satu caranya adalah menggelar Operasi Patuh Jaya," ujar Royke kepada wartawan saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/7/2011).

Royke juga mengatakan, sekitar 26 jalan arteri besar atau koridor yang ada di Jakarta dan sekitarnya sering menjadi lokasi kecelakaan.

"Ada 26 jalan, di antaranya Kalimalang, Daan Mogot, Jalan Raya Bogor, Cilincing, Cakung, Pamulang, Ciputat, dan jalan tol itu sendiri," ujarnya.

Royke mengatakan, penanaman kedisiplinan berlalu lintas perlu ditanamkan sejak dini. Hal itu juga bisa menekan jumlah kecelakaan yang diakuinya tidak mudah.

"Ini harus dimulai dari bagaimana kita membina anak-anak sekolah mulai dari kecil. Bagaimana membina cara menyeberang yang benar, kami pasang-pasang spanduk, kami sosialisasi di media, kami memberikan imbauan-imbauan agar mereka sadar untuk menghargai nyawanya sendiri dan nyawa orang lain," ucapnya.

Selain itu, lanjut Royke, perlu juga kesadaran pengguna kendaraan dalam menggunakan safety belt, dan tidak mengemudi sambil menggunakan handphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com