Selasa, 2 September 2014

News / Megapolitan

Angkutan Kereta Api

H-40 Mudik, Sudah Bisa Pesan Tiket!

Kamis, 14 Juli 2011 | 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Jakarta yang akan mudik Lebaran menggunakan jasa angkutan kereta api bisa melakukan pemesanan tiket kereta api H-40 hari keberangkatan. Pemesanan tiket bisa dilakukan mulai 16 Juli untuk keberangkatan 25 Agustus 2011.

"Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan pada H-3 atau 27 Agustus. Adapun puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi pada H+3 atau 3 September," kata Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo dalam jumpa pers di Gedung JRC Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2011).

Dengan kata lain, pemesanan tiket diprediksi akan melonjak pada tanggal 18 Juli. Ia mengungkapkan, masa angkutan lebaran ini ditetapkan selama 18 hari dimulai dari lima hari sebelum Lebaran, yakni tanggal 25 Agustus hingga 29 Agustus.

"Sisanya yakni selama 11 hari pasca-Lebaran terhitung pada 1 September-11 September. Perkiraan volume angkutan lebaran mencapai 2,9 juta penumpang," ucap Sulistyo.

Untuk mengantisipasi kemungkinan penumpukan penumpang di stasiun dan kemungkinan penumpang tidak terangkut serta penumpang liar pada kereta api barang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan penambahan tenaga pengaman, sterilisasi stasiun, pelayanan tiket online, pengawalan kereta api, dan penanganan penumpang di stasiun-antara dan sosialisasi awal tentang kebijakan angkutan lebaran kepada masyarakat.

"Untuk keamanan, kami bekerja sama dengan pihak Polri. Akan ada patroli lintas oleh Brimob dan pengamanan stasioner di stasiun-stasiun penting dan padat," ungkap Sulistyo.

Selain itu, akan dilaksanakan pemeriksaan barang-barang bawaan penumpang yang mencurigakan serta memasang spanduk-spanduk imbauan larangan dan peringatan di stasiun-stasiun dan perlintasan sebidang yang ramai lalu lintas.


Editor : Inggried