Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRL Terlambat, KAI Bangun "Double Track"

Kompas.com - 22/07/2011, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu penyebab seringnya kereta rel listrik mengalami keterlambatan ternyata adalah kerap terjadi persilangan antara satu rute dan rute lainnya. Untuk menyiasati ini, PT Kereta Api Indonesia akan membangun sistem jalur rel ganda  double track.

"Dengan sistem double track ini, diharapkan dapat menghilangkan persilangan (crossing). Ini untuk mengurangi keterlambatan. Karena harus antre, keterlambatannya cukup tinggi. Semoga double track ini bisa cepat dibangun," kata Kepala Daerah Operasional I Jabodetabek, Purnomo Radiq, di Jakarta, Kamis (21/7/2011).

Namun, dalam waktu dekat ini, PT KAI sedang merencanakan melakukan perubahan rute (rerouting) dengan menghilangkan sejumlah kereta yang bersilangan. Rencana rerouting ini akan dilaksanakan pada Oktober 2011.

Selama ini, KA jurusan Tanah Abang-Kota dan Bogor-Kota sering kali bersilangan di Stasiun Manggarai. Karena itu, akan dibuat perubahan rute agar penumpang tidak lagi kehabisan waktu karena kereta yang terlambat.

"Jadi, KA tujuan Stasiun Kota hanya akan berhenti di Stasiun Manggarai. Setelah itu, penumpang yang ingin menuju Kota, Tanah Abang, Bekasi, dan lainnya dapat berganti kereta. Untuk KA Bogor tujuan Kota dan Bekasi, diharapkan juga tidak ada lagi crossing karena akan dibuat rute Bekasi-Bogor," tutur Purnomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com