Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Miras dan Ganja Dimusnahkan

Kompas.com - 29/07/2011, 13:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan, aparat Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota memusnahkan ratusan kilogram ganja dan ribuan botol minuman keras. Pemusnahan dilaksanakan pada Jumat (29/7/2011) pagi di Polresta Bekasi Kota dengan cara dibakar dengan disaksikan berbagai unsur masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Humas Polda Metro Jaya, pemusnahan dilakukan terhadap 422,5 kilogram ganja; 67,5 gram heroin; 75,4 gram sabu; 12 butir ekstasi; dan 6.868 botol minuman keras.

Kepala Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota Komisaris Sangadi mengungkapkan, ganja dan miras tersebut merupakan barang bukti dari hasil razia kejahatan narkotika. "Ini merupakan barang bukti kejahatan narkotika yang berhasil disita kepolisian Kota Bekasi dalam berbagai razia minuman keras dan narkotika," ujar Sangadi, Jumat (29/7/2011).

Pemusnahan barang bukti itu, ujarnya, termasuk sebagai upaya penciptaan kondisi yang kondusif bagi umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.

Pemusnahan disaksikan beberapa elemen masyarakat dan pemerintah seperti Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Bekasi, Komandan Kodim 0507 Bekasi, Ketua Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Kepala Polresta Bekasi Kota, dan Ketua Front Pembela Islam Kota Bekasi.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sujarno mengatakan, menjelang bulan Ramadhan, kepolisian selalu menggelar cipta kondisi agar pelaksanaan ibadah berlangsung aman tentram.

"Cipta kondisi dilakukan salah satunya dengan Operasi Kilat Jaya pada 2-14 Agustus," ujar Sujarno.

Rencananya, menurut Sujarno, operasi itu akan menargetkan sasaran pada kejahatan di jalanan, premanisme, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberantasan, petasan, dan minuman keras yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com