Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Jalur Khusus Sepeda

Kompas.com - 31/07/2011, 09:58 WIB

Oleh: Madina Nusrat

Kring... kring... kring... kring. ”Yuhuuu...,” Sumaila (8) membunyikan bel sepedanya sambil berseru kegirangan. ”Anginnya segeeerrr..,” katanya. Siswi kelas dua sekolah dasar ini menyusuri jalan beraspal khusus pengendara sepeda di area Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. ”Aduh, capek,” katanya. Senyumnya mengembang, Minggu pagi pekan lalu.

Bersama orangtuanya, Sumaila sengaja datang ke area Ecopark pukul 06.00.

Bersepeda pagi hari di area Ecopark tak hanya memperoleh udara yang sejuk dan bersih, tetapi juga pemandangan taman dan binatang yang dilepas bebas. Burung-burung pelikan berlarian meninggalkan kolam saat pengunjung mendekat.

Pengunjung bisa membawa sepeda sendiri atau menyewa di Ecopark. Halte sepeda di Pantai Karnaval adalah salah satu tempat yang menyediakan sepeda dalam jumlah banyak.

Jika masuk dari pintu utama atau melalui pintu masuk halte bus transjakarta, kita bisa juga langsung menyasar ke halte sepeda di area parkir Dunia Fantasi.

Biaya sewa sepeda Rp 10.000 per jam, mulai jam kedua menyewa. Pada satu jam pertama, sepeda digratiskan dari biaya sewa. Tolong diingat, hari Sabtu dan Minggu, jangan berniat menyewa setelah pukul 08.00 sebab 700 sepeda di sana sudah habis disewa.

Bagi kalangan eksekutif yang menginginkan sepeda dengan kualitas lebih baik bisa menyewa sepeda di area Ecopark seharga Rp 50.000 per jam. Selain dapat menyewa sepeda, penyewa sepeda di Ecopark juga diberikan layanan tempat menyimpan barang dan kamar mandi untuk bilas setelah olahraga sepeda.

Bagi yang menyukai trek panjang bisa menjajal jalur sepeda di area Taman Impian Jaya Ancol. Rutenya bisa dimulai dari Pantai Karnaval menuju Dermaga Marina, kemudian balik lagi, dengan jarak bisa mencapai 9,8 kilometer. Jika sepeda dipacu dengan kecepatan 20 kilometer per jam, perjalanan sepanjang itu memakan waktu sekitar 30 menit; tetapi jika santai, memakan waktu satu jam.

Jalur pipa gas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com