Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Priok Macet karena Pembangunan Akses Tol

Kompas.com - 02/08/2011, 13:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sudah lebih dari sepekan ini kemacetan terus terjadi di ruas Jalan Yos Sudarso menuju Jalan Enggano dan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Panjangnya antrean kendaraan bisa mencapai lebih dari satu kilometer.

Pada pagi hari, kemacetan mulai terjadi untuk arus kendaraan ke Pelabuhan Tanjung Priok, dari depan Mall Artha Gading hingga ke perempatan Pasar Ular Permai. Sementara arus sebaliknya, kemacetan mulai terjadi dari depan Kantor Polres Jakarta Utara hingga pertigaan plumpang. Pada siang hari, panjang kemacetan hanya berkurang sedikit. Baru pada sore hari, kemacetan cukup panjang kembali terjadi.

Kemacetan itu terjadi akibat pembangunan jalan layang tol akses Tanjung Priok yang memakan sebagian badan jalan. Kondisi itu menyebabkan ruas jalan yang dipakai untuk pembangunan tol menyempit, dari biasanya bisa menampung tiga lajur truk trailer, kini hanya bisa menampung untuk dua lajur.

Praktis, sepeda motor yang melalui jalan itu sama sekali tak memperoleh ruang karena arus kendaraan didominasi oleh truk trailer, mobil, dan bus.Sebagai akibatnya, para pengendara sepeda motor melintas di trotoar pejalan kaki.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Utara Komisaris FH Matondang mengatakan, pihaknya telah menerjukan sejumlah personel untuk memperlancar arus kendaraan. Sebaliknya untuk mengalihkan arus kendaraan, lanjutnya, sangat sulit karena tak ada jalur alternatif di daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com